AKBP Ronald Paparkan Kesiapan Operasi Ketupat Toba-2023 Polres Simalungun Dalam Rangka PAM Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H / 2023 M

Simalungun1456 Dilihat

Gorgajenius.id.
■SIMALUNGUN

Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., memaparkan kesiapan personel Polres Simalungun dalam rangka pelaksanaan Operasi Ketupat Toba-2023 saat menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H / 2023 M guna Cipta Kondisi Yang Aman dan Kondusif Di Wilayah Kabupaten Simalungun.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., mengatakan bahwa pelaksanaan Operasi Ketupat Toba-2023 tidak hanya mengamankan arus lalu lintas saja.

“Operasi Ketupat bukan hanya fokus kepada arus lalu lintas saja, namun ada beberapa hal yang harus kita siapkan dan kita jaga seperti kenaikan harga bahan sembako, bencana alam serta hal-hal yang bisa memicu dan dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat selama Bulan Suci Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri yang merupakan tanggung jawab kita bersama,” Kata Kapolres di Balai Harungguan Djabanten Damanik Kantor Bupati Simalungun Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun. Kamis (13/4/2023) sekira Pkl.09.00 WIB.

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan dalam sambutannya, “Pengalaman dari Pelaksanaan Operasi Lilin Toba-2022 sebelumnya menjadi pedoman kita dalam melaksanakan Operasi Ketupat Toba-2023 dan akan kita kembangkan dan Evaluasi lebih baik lagi dengan memperkuat kembali Sinergitas dan Intergritas dalam pelaksanaannya.

Polres Simalungun akan mulai melaksanakan Operasi Ketupat Toba-2023
18 April 2023 sampai 01 Mei 2023, dilaksanakan selama 14 Hari, namun Kami dari jajaran Polres Simalungun akan melanjutkan Operasi ini dengan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD), hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kegiatan arus balik masyarakat yang diprediksi masih berlangsung,” jelas AKBP Ronald.

“Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Toba-2023, Pada hari Sabtu 15 April 2023 personel Polres Simalungun sudah mulai memasuki Pos-pos pengamanan yang sudah didirikan, hal ini dikarenakan diperkirakan pada hari Jumat kegiatan mudik masyarakat sudah ada yang mulai bergerak.

Daerah Wilayah Kabupaten Simalungun merupakan wilayah lintas masyarakat yang melaksanakan mudik ada yang menuju wilayah Kabupaten Toba, Samosir dan lain sebagainya tentu saja Operasi Ketupat Toba-2023 juga mengantisipasi lonjakan mudik masyarakat Kabupaten Simalungun dan sebaliknya arus balik,” Kata AKBP Ronald.

Kapolres menyampaikan dalam pelaksanaan operasi ketupat toba-2023 diprioritaskan kegiatan pencegahan, “Ada beberapa Tugas Pokok dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Toba-2023 ini yang diprioritaskan dengan mengedepankan kegiatan pencegahan, yang didukung dengan deteksi dan penegakan hukum dalam pengamanan ibadah puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H dan lokasi-lokasi yang menjadi target pengamanan seperti Pusat perbelanjaan, Terminal, Jalan Tol, Tempat Ibadah Masjid, SPBU serta Pasar tumpah,” ungkap AKBP Ronald.

Orang Nomor Satu di Polres Simalungun itu juga menyampaikan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan menjelang Perayaan Idul Fitri, “Personel Polres Simalungun sudah melaksanakan Operasi Pekat di Bulan Suci Ramadhan tahun 2023, hal ini merupakan bentuk antisipasi gangguan kamtibmas saat melaksanakan ibadah seperti ledakan Mercon, kenakalan remaja yang menggunakan kenalpot blong yang dapat menimbulkan ketidak nyamannya pelaksanaan ibadah.

Polres Simalungun juga sudah menyiapkan personel dalam mengantisipasi kegiatan Taqbir keliling yang menjadi kegiatan masyarakat dimalam Hari Raya Idul Fitri.

Pelaksanaan Operasi Ketupat Toba-2023 Polres Simalungun telah menyiapkan 440 Personel yang akan ditambah dari Satuan TNI dan Dinas dari Pemerintah Kabupaten Simalungun dengan 1 Pos Terpadu, 5 Pos Pelayanan dan 7 Pos Pengamanan.

Ini semua kita lakukan agar saudara kita yang akan merayakan hari Raya Idul Fitri merasa nyaman dan aman,” ujarnya.

Menurut Kapolres, pihaknya sudah melakukan pantauan di beberapa titik jalan yang sangat rawan. “Kita akan letakkan personil disana untuk menjaga terjadinya yang tidak di inginkan,” tandas Kapolres..

Tampak hadir dalam kegiatan bersama Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH. MH., Sekda Pemkab Simalungun Drs. Esron Sinaga, M. Si., Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., Kajari Simalungun Irfan Hergianto., SH., MH., Ketua DPRD Simalungun Timbul J.Sibarani., Kasdim Kodim 0207 Simalungun Mayor Inf. Margana., Kapolsek Tanah Jawa KOMPOL Manson Nainggolan, SH., M.Si., bersama Kapolsek Sejajaran Polres Simalungun., Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Simalungun Albert Riswanto Saragih, S.IP.,M.Si., bersama para Asisten Bupati., Para Staf Alhi Bupati Simalungun., Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Simalungun., Camat se-Kabupaten Simalungun.

dir’s

Editor : Zul