Aksi Sosial Polres Samosir Bersama TNI dan Dinas PUPR Bersihkan Materil Tanah Longsor di Desa Hariarapohan, Lalin Sudah Lancar

Samosir487 Dilihat

GORGAJENIUS.ID
■SAMOSIR

Kapolres Samosir bersama jajarannya langsung memimpin aksi sosial guna membantu membersihkan material longsoran yang merusak dan merubuhkan dua bangunan rumah milik warga setempat di Desa Hariara Pohan Kec. Harian Kab. Samosir.

Aksi sosial itu dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 4 Mei 2023 sekira pukul 09.30 Wib, Personil Polres Samosir yang dipimpin oleh Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, S.H., S.I.K., M.H melaksanakan pengecekan, pengawasan dan pembersihan materil tanah longsor di Desa Hariara Pohan Kec. Harian Kab. Samosir.

Saat di konfirmasi, Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, S.H., S.I.K., M.H, Sabtu (6 Mei 2023) menyampaikan, disaat para pengendera melintas di jembatan lokasi longsoran tanah, supaya tetap berhati-hati dan khusus kepada kendaraan roda enam untuk sementara waktu membatasi aktivitasnya lintas lokasi jembatan dimaksud menunggu instansi terkait mengechek kondisi jembatan tersebut, Ujarnya.

Adapun pelaksanaan proses pembersihan materil tanah longsor yakni dengan menggunakan 1 (satu) unit alat berat Buldoser milik Dinas PUTR Kab. Samosir dibantu Personil Polres Samosir dan Personil Koramil Harian yang menggunakan alat seadanya seperti Cangkul, Keroan Tanah/Garpu Tanah, Angkong.

Menurut Kapolres, Selain di dua titik longsoran tanah yang besar, Personil Polres Samosir juga membersihkan longsoran tanah kecil disepanjang jalan Desa Hariara Pohan dan setelah kegiatan pembersihan meteril tanah longsor selesai dilaksanakan, arus lalu lintas disana kembali normal namun para pengendera tetap kita himbau untuk tetap waspada karena tanah disekitar kejadian masih labil. Ujar AKBP Yogie.

Dalam aksi sosial Gotong Royong yang dikomando Kapolres Samosir itu, turut serta Pabung Kodim 0210/TU, Kapten G Sebayang, Camat Harian, Hartopo Manik paraPJU Polres Samosir, Staf Dinas PUTR Kab. Samosir,Personil Polres Samosir dan Koramil Harian.

Sekedar info:
Bahwa bencana tanah longsor tersebut terjadi di dua titik yang terletak di Desa Hariara Pohan Kec. Harian Kab. Samosir, antara lain :

1. Jembatan Lombang Sitolu-tolu Holbung Sihotang menuju objek wisata Bukit Holbung

2. Pintu masuk menuju objek wisata Bukit Holbung

Menurut Pengelola objek Wisata Bukit Holbung an. Apoi Sihotang, menyampaikan, bahwa pada hari Rabu tangga 03 Mei 2023 sekitar pukul 23.00 wib telah terjadi hujan deras dengan intensitas tinggi dan disertai durasi yang cukup lama sehingga terjadi tanah longsor yang menutupi badan jalan dan mengakibatkan akses jalan menuju objek wisata Bukit Holbung Desa Hariara Pohan Kec. Harian Kab. Samosir tidak dapat dilalui kendaraan dan dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, Ujar Sihotang.

jesiho.

Editor : Zul