BERITA & VIDEO : Jelang Libur Lebaran dan Mudik Basarnas Rescuser SAR Danau Toba Siaga Total

Simalungun1324 Dilihat

Gorgajenius.id
■Ajibata || TOBA

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Parapat danau Toba melalui Hisar Turnip SE selaku Kepala dan Koordinator Rescuer Pos SAR Danau Toba, kerahkan 11 Anggotanya dan 4 ABK guna melakukan pertolongan dan evakuasi kepada salah seorang penumpang kapal yang terjatuh dari kapal dalam simulasinya di Danau Toba, Pelabuhan Ferry Ihan Batak Ajibata, Kabupaten Toba, Kamis (20/4/2023).

Kegiatan Simulasi ini dilakukan guna mengantispasi hal-hal yang tidak diinginkan, dan kami harus tetap standby dalam menunggu informasi terkait keselamatan penumpang di seputar Danau Toba kita, sehingga saat musim liburan dan selama berwisata pada moment libur lebaran ini, wisatawan dan putra daerah yang memanfaatkan pulang kampung tetap merasa nyaman dengan keberadaan Basarnas Danau Toba kita, Ujar Hisar.

Kepala pos SAR Parapat danau Toba, Hisar Turnip mengatakan, dalam membantu pencarian dan pertolongan wisatawan yang liburan tahun baru 2023 di sejumlah titik lokasi wisata danau Toba, pos SAR Parapat danau Toba mengerahkan 15 personel.

Personel di lapangan didukung oleh kapal cepat, perahu LCR dan alat pendukung lainnya.

Dijelaskannya, personel nantinya akan melakukan pemantauan ke titik-titik keramaian yang rawan terjadinya kondisi membahayakan pada wisatawan dengan menggunakan kapal cepat serta memberikan himbauan agar wisatawan tidak memasuki lokasi yang dapat membahayakan diri sendiri.

“Mereka akan melakukan patroli rutin dengan kapal cepat ke sejumlah titik lokasi wisata yang ada di danau Toba,” Ujar Hisar.
Jessiho

Editor : Zul