Berita & Vidio : PSBI Berduka Sertu Robertus Simbolon GUGUR Ditembak KKB Intan Jaya Papua Dan Akan dikebumikan di Kampung Halaman Samosir

Jakarta1565 Dilihat

Gorgajenius.id.
■JAKARTA

Keluarga Besar Punguan Simbolon Boru Bere Indonesia sangat berduka atas kejadian yang menimpa Sertu Robertus Simbolon, Robertus gugur saat menjalankan tugas demi mempertahankan NKRI, dan direncanakan jasad almarhum akan dikebumikan dikampung halamannya di Dusun (Perkampungan) Sitaotao, Desa Tanjung Bunga (jalan menuju Pusuk buhit) Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumut.

Atas kejadian itu, selain menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam Ketua Umum PSBI Dr. Effendi Muara Sakti Simbolon, M.I.Pol disela rapat Zoom Meeting bersama PSBI pusat dan Daerah menyempatkan diri bersama semua jajaran pengurus yang hadir dalam rapat mengheningkan cipta sebagai penghormatan dan Doa kepada Alm Sertu Robertus Simbolon dan keluarga karena Istri almarhum saat ini juga dalam keadaan sedang menunggu kelahiran anak pertama mereka.

Sementara itu Keluarga Besar TNI AD juga sangat berduka karena salah satu prajurit terbaik mereka, Robertus Simbolon, anggota TNI yang tergabung dalam Satgas Raider 303/TKR gugur dalam kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Aibon Kogoya di Sugapa, Intan Jaya, Minggu, 9 April 2023 sekitar pukul 16.00 WIT.

Sertu Robertus Simbolon akan dikebumikan di kampung halamannya, di Desa Sitaotao Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman mengatakan kontak tembak aparat dengan KKB itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIT.

“Mengakibatkan satu orang prajurit TNI atas nama Sertu Robertus Simbolon tertembak dan meninggal dunia,” kata Herman dalam keterangan tertulis, Senin (10/04/2023).

Jenazah Robertus diterbangkan hari ini, Senin, ke Timika. Sementara aparat, terus bersiaga mengantisipasi serangan dari KKB.

“Situasi saat ini di Sugapa, aparat TNI melaksanakan siaga untuk mengantisipasi serangan dari gerombolan KST,” ujar Herman.

Sementara, Komandan Korem 173/PVB, Brigjen Sri Widodo mengatakan kontak tembak itu terjadi saat Prajurit TNI Sertu Robertus Simbolon bertugas pengamanan di Kampung Titigi.

“Saat yang bersangkutan lagi pengamanan, Sertu Robertus Simbolon langsung dilarikan ke Puskesmas, namun pada pukul 19.00 Robertus tidak tertolong dan dinyatakan meninggal,” ucap Brigjen Sri Widodo, Minggu (9/04/2023).

“Jenazah Sertu Robertus akan diberangkatkan dari Timika ke kampung halamannya di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara,” kata Brigjen Sri Widodo.

* Almarhum Anggota PSBI Kerawang

Dari sejumlah informasi, selain bertugas di Kemiliteran Angkatan Darat ternyata Almarhum Robertus juga tercatat sebagai salah satu anggota Perkumpulan marga Simbolon (PSBI Karawang) dan sudah berkeluarga/menikah dengan Boru Silalahi.

Kondisi istri yang ditinggal Almarhum dalam kondisi berbadan dua. Semoga anak yang akan dilahirkan nanti tetap dalam keadaan sehat wal afiat bersama bundanya dan dapat melanjutkan cita-cita orangtuanya.

Selamat Jalan Bapak Sertu Robertus Simbolon semoga arwahmu ditempatkan disisi Kanan Tuhan Yang Maha Kuasa dan semoga Sanak Keluarga yang ditinggal tetap dalam lindungan Tuhan Maha Pengasih. (●●●)

jesiho.

Editor : Zul