Bhabinkamtibmas Simalungun Lakukan Sosialisasi Pencegahan Karhutla Antisipasi Musim Kemarau

Simalungun1477 Dilihat

Gorgajenius.id.
■SIMALUNGUN

Adanya Prediksi BMKG bahwa akan memasuki musim panas dan kering yang menyebabkan kemarau, Jajaran Bhabinkamtibmas Polres Simalungun gencar melaksanakan kegiatan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasat Binmas Polres Simalungun AKP Hengky B. Siahaan, SH., menyampaikan bahwa dalam rangka mencegah kebakaran hutan dan lahan jajaran Bhabinkamtibmas Polres Simalungun saat ini telah melaksanakan kegiatan sosialisasi guna antisipasi dan mencegah pembakaran lahan.

“Saat ini personel Bhabinkamtibmas telah melaksanakan kegiatan sosialisasi dengan menyampaikan himbauan dan edukasi kepada warga masyarakat tentang penanganan Karhutla,” ucap Kasat Binmas.

AKP Hengky B. Siahaan, SH., menyampaikan, “Hari ini Personel Bhabinkamtibmas Polsek Tanah Jawa Resor Simalungun AIPDA Vonsa P. Tampubolon, SH juga telah melaksanakan kegiatan sambang dengan memberikan himbauan dan sosialisasi penanganan pembakaran hutan dan lahan di Warung kopi Ibu Sinta Uli Simanjuntak yang terletak Huta V Gundar Bombongan Nagori Pulobayu Kecamatan Hutabayuraja Kabupaten Simalungun. Selasa (21/3/2023) sekira Pkl.13.00 WIB.

Kepada masyarakat AIPDA Vonsa P. Tampubolon, SH menyampaikan pesan dari Bapak Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., bahwa Prediksi BMKG bahwa akan memasuki musim panas dan kering yang menyebabkan kemarau untuk itu dihimbau kepada warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan,” ujar Kasat Binmas.

Kata AKP Hengky, “Sosialisasi ini bertujuan untuk mengajak warga masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan serta tidak membuang puntung rokok sembarangan, demi mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, serta menjelaskan kepada warga bahwa saat ini Polri telah memiliki “Aplikasi Lancang Kuning” yang berfungsi sebagai pendeteksi terjadinya kebakaran hutan, sehingga dapat diketahui oleh seluruh Pimpinan serta Personel di seluruh jajaran Kepolisian apabila terjadi kebakaran hutan,” terang Kasat Binmas.

Selanjutnya Kasat Binmas Polres Simalungun menghimbau kepada warga masyarakat untuk dapat bekerjasama guna menjaga lingkungan serta berperan dalam menjaga lahan, agar tidak membuka lahan dengan dibakar.

“Kami Jajaran Kepolisian Resor Simalungun mengajak kepada warga masyarakat untuk sama-sama bekerja menjaga lingkungan dan tidak membakar lahan sembarangan, dan apabila ada diketahui informasi adanya pembakaran lahan dan hutan untuk segera melaporkan kepada Pihak Kepolisian terdekat atau dapat menyampaikan langsung kepada kami di posko pengaduan masyarakat di no 0811-6501-516,” pungkas AKP Hengky.

■jessiho

Editor : Zul
Sumber : Humas Polres Simalungun