Bupati Humbahas Berikan ‘Passipisang Natonggi’ Kepada Masyarakat Sigumpar

Humbahas69 Dilihat

Gorganews.com 《Humbahas》
Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE memberikan cendramata atau ‘Pasipisang Natonggi’ kepada masyarakat Desa Sigumpang atas kesediaan dan kerelaan hati masyarakat menghibahkan lahan untuk dijadikan Pasar Sigumpar, Kamis (15/12/2022) di Pasar Sigumpar, Desa Sigumpar Kecamatan Lintongnihuta.

Pasipisang Natonggi ini diberikan secara simbolis kepada 15 Kepala Keluarga sebagai perwakilan masyarakat yang sekaligus pemrakarsa Pasar Sigumpar.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE menyampaikan bahwa Pasar Sigumpar diharapkan akan menjadi pasar induk dan menjadi pasar komoditi yang bisa memotong mata rantai perdagangan komoditi.

Dengan keberadaan Pasar Sigumpar akan mempermudah dan memperpendek hasil pertanian dari petani sampai kepada konsumen. Sehingga, keuntungan tidak lagi dinikmati segelintir orang, tetapi sudah bisa dirasakan oleh para petani.

Kepada dinas terkait, pasar sigumpar setelah selesai untuk tetap diperhatikan karena masih perlu pembenahan-pembenahan, mulai dari kebersihan lokasi, penataan drainase dan lainnya.

Menyikapi keberhasilan pertanaman jagung di Kecamatan Lintongnihuta yang disampaikan oleh tokoh masyarakat, Bupati Dosmar Banjarnahor, SE mengatakan bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat kepada anjuran pemerintah.

Namun demikian jangan cepat berpuas diri, dengan lahan dan pertanaman jagung yang benar, maka seyogianya lahan 1 hektar bisa menghasilan 7 s/d 10 ton. Oleh karena itu, mari kita lebih serius untuk bertanam jagung, bukan lagi sebagai petani gurem.

Sementara itu, Tokoh masyarakat Bangun Hutasoit menyampaikan terimakasih kepada Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE karena memberikan perhatian sehingga Pasar Sigumpar bisa selesai dibangun dan saat sudah beroperasi.

Perhatian pemerintah bukan hanya pendirian pasar ini tetapi juga kepada para petani di Kecamatan Lintongnihuta. Petani kita sudah bisa merasakan hasil panen jagung, yang sebelumnya ragu untuk bertanam jagung.

Sebagai ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan, masyarakat Sigumpar ‘mangulosi’ Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE.

Turut hadir pada acara ini, Plt. Kadis Kopenaker Christison Marbun, Kadis DPMP2TSP Rudolf Manalu, Plt. Kadis Kesehatan, Christina Clara Rajagukguk. 《Jessiho》

Editor : Zul