Bupati Humbahas Buka Pelatihan Pengurus TP. PKK se-Kabupaten Humbahas

Humbahas531 Dilihat

Gorgajenius.id.
■HUMBAHAS.

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE yang diwakili Plt. Kadis PMDP2A Parman Lumbangaol, ST membuka secara resmi Kegiatan Pelatihan Pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) se-Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Kamis (15/3/2023) yang dipusatkan di Aula Hutamas, Perkantoran Tano Tubu, Doloksanggul.

Dalam sambutan tertulis Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE yang dibacakan Plt. Kadis PMDP2A Parman Lumbangaol, ST meyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan ajang yang strategis untuk mensinergikan tentang gerakan PKK. Kegiatan ini juga merupakan teknis dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya kepengurusan TP. PKK mulai dari tingkat kabupaten sampai desa.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan TP. PKK disetiap tingkatan mampu dan bisa menyampaikan kepada masyarakat hal yang telah dilaksanakan dan untuk dilaksanakan dalam rangka mensejahterakan keluarga. Kader PKK diharapkan dapat memahami program prioritas pemerintah sehingga mampu menjadi mitra dan sekaligus perpanjangan tangan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan dalam mensosialisasikan program dan kegiatan pembangunan kemasyarakatan.

Disampaikan juga bahwa pembangunan tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah tetapi tanggungjawab semua pihak termasuk TP. PKK. Keberhasilan pembangunan akan berhasil jika semua pihak dapat saling bergandengan tangan dan bahu membahu. Untuk itu pemerintah mengharapkan agar TP. PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa terus menerus berperan aktif dalam melaksanakan pembinaan kepada keluarga dan masyarakat.

Kami menghimbau agar kader-kader TP. PKK atau pengurus TP. PKK yang mengikuti pelatihan ini mempergunakan dan memanfaatkan pelatihan ini sebaik-baiknya untuk menambah wawasan serta pengetahuan untuk diterapkan di tengah-tengah masyarakat.

Pada kesempatan itu ketua TP. PKK Kabupaten Humbang Hasundutan Ny. Lidya Dosmar Banjarnahor mengapresiasi kegiatan pelatihan TP. PKK ini karena nantinya akan menambah wawasan dan pengetahuan pengurus TP. PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa di dalam melaksanakan tugasnya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.
TP. PKK yang tergabung dalam Pokja I harus mengetahui apa yang menjadi fungsi dan tugasnya dan saling berkoordinasi dengan Pokja lainnya sehingga bisa tercapai apa yang menjadi sasaran dan tujuan kita.

Diharapkan, dengan pelatihan ini akan meningkatkan kemampuan pengurus TP. PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa dan masing-masing Pokja dalam tugas dan fungsinya.

Dalam laporan Plt. Kadis PMDP2A Parman Lumbangaol, ST yang dibacakan oleh Sekretaris PMDP2A Resva Panjaitan menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mensinkronkan program PKK antar kabupaten, kecamatan dan desa.

Selain itu, juga untuk memotivasi para kader dalam melaksanakan kegiatan termasuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kader dalam memberdayakan masyarakat di desa/ kelurahan masing-masing.

Usai pembukaan pelatihan ini, Ketua TP. PKK Kabupaten Humbang Hasundutan bersama TP. PKK Provsu mengunjungi tempat pelatihan yang terbagi di 3 (tiga) lokasi yaitu Aula Hutamas, Pendopo Perkantoran Bukit Inspirasi dan Kantor Camat Doloksanggul.

Selain mengunjungi ketiga lokasi, rombongan juga mengunjungi PAUD Pembina dan SMP Neg. 1 Doloksanggul dimana dilaksanakan kegiatan penyuluhan bagi remaja putri oleh Dinas Kesehatan.

Adapun narasumber pada kegiatan ini Sekretaris I PKK Provsu Riza Vahlevi Lubis, Ketua Pokja I TP. PKK Provsu Ny. Bidasari Daulay, Sekretaris Pokja I TP PKK Provsu Ny. Yuniar Marpaung, Sekretaris Pokja III TP. PKK Provsu Ny. Nina Purwadi dan Ketua Pokja IV TP. PKK Provsu Ny. Delyana.

jesiho.

Editor : Zul