Bupati Humbahas Canangkan SSK di SMP Santa Lusia Doloksanggul

Humbahas248 Dilihat

Gorganews.com 《Humbahas》
Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE canangkan SSK (Sekolah Siaga Kependudukan) di Kabupaten Humbang Hasundutan bertempat di SMP Santa Lusia Doloksanggul, Jumat (9/12/2022).

Sambutan Bupati Humbahas yang disampaikan Asisten Administrasi Umum Ir Janter Sinaga mengatakan program Keluarga Berencana (KB) telah dilaksanakan sejak tahun 1970-an. Saat ini dikenal dengan dengan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana). Program ini telah memberikan kontribusi positif bagi Bangsa Indonesia. Program Bangga Kencana untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk hingga terciptanya keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

Pembentukan SSK tidak dapat dikerjakan secara parsial, tapi harus menjalin kerjasama dengan sekolah dan melibatkan organisasi perangkat daerah (OPS) terkait. Maka setiap sekolah dan OPD yang ikut dalam pencanangan SSK agar memberikan perhatian yang serius. Dengan program ini, SMP Swasta Santa Lusia Doloksanggul dicanangkan sebagai SSK. Semoga program ini dapat berjalan dengan baik dan sukses dengan sinergitas dari berbagai pihak terutama para guru dan seluruh anak-anak didik di sekolah SMP Santa Lusia Doloksanggul yang menjadi subjek utama.

Plt Kadis Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Dra Christina Clara Eveline MAP menjelaskan SSK adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan KB ke dalam beberapa mata pelajaran. Dimana didalamnya terdapat pojok kependudukan sebagai salah satu sumber belajar peserta didik sebagai upaya pembentukan generasi berencana.

Tujuannya memberikan arah dan pedoman bagi penanggungjawab dan pengelola pendidikan, guru, pembina dalam melakukan program kependudukan, KB dan pemberdayaan keluarga. Memberikan wawasan, sikap pengetahuan dan keterampilan tentang program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

Hadir dalam pencanangan ini, Kadis Pendidikan Humbahas Drs Jonny Gutom, Inspektur Kabupaten Drs Bilson P Siahaan, Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Drs Jara Trisepto Lumbantoruan dan Perwakilan BKKBN Sumut sekaligus memberikan pemaparan terkait SSK. Pencanangan SSK ini sekaligus peresmian “Pondok Baca” ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Humbahas diwakili Asisten Administrasi Umum Ir Janter Sinaga.

Ada juga penampilan pantomim yaitu suatu pertunjukan teater akan isyarat, dalam bentuk mimik wajah atau gerak tubuh, sebagai dialog dengan personil Rey Simbolon dan Prima Sembiring. 《Jessiho》

Editor : Zul