Bupati Humbahas : Kebersihan Tanggungjawab Bersama

Humbahas76 Dilihat

Gorgajenius.id.
■Doloksanggul || HUMBAHAS

Presiden RI melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah menyerahkan Adipura kepada Kabupaten Humbang Hasundutan.

Dengan Adipura ini, Kabupaten Humbang Hasundutan bisa semakin lebih baik dalam kebersihan dan memulai kebersihan itu tidaklah gampang, Sebab Adipura ini diperoleh bukan karena Pemerintah tapi atas dukungan dan partisiasi seluruh elemen masyarakat secara bersama-sama.

Demikian disampaikan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE dalam apel gabungan yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Humbahas Bukit Inspirasi Doloksanggul, Jumat (3/3/2023).

Selain dihadiri ASN Pemkab Humbahas dan “Pasukan Orange” Dinas Lingkungan Hidup Humbahas, apel gabungan bersama juga diikuti Pimpinan DPRD Humbahas Marolop Manik, Labuan Sihombing dan anggota DPRD Humbahas lainnya, Waka Polres Humbahas Kompol Tangap Manurung, Pabung 0210/TU Mayor Ojak Simarmata, Kasi Intel Kejari Humbahas Gerry Anderson Gultom SH, tokoh masyarakat RW Manalu dan elemen masyarakat lainnya termasuk Kepala Desa.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE menyerahkan Adipura itu kepada masyarakat melalui Wakil Ketua DPRD Humbahas Marolop Manik dan Labuan Sihombing.

Bupati Humbahas menjelaskan memulai kebersihan itu tidak gampang, masih ada masyarakat membuang sampah dengan sembarangan, yang punya rumah masih ada yang tidak mau buang sampah di depan rumahnya. Jadi kebersihan itu harus dimulai dari diri sendiri.

“Terimakasih saya ucapkan untuk semua pihak yang telah berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan di kabupaten kita tercinta ini. Mari kita menjadikan penghargaan ini sebagai pendorong bagi kita semua untuk selalu menjaga kebersihan, yang dimulai dari diri kita sendiri, lingkungan keluarga, lingkungan pekerjaan dan lingkungan masyarakat.

Penghargaan Adipura ini hasil kerjasama semua elemen masyarakat, walaupun tidak semua puas, ada yang pro, ada yang konta. Tapi saya jelaskan, dengan adanya Adipura ini, maka Kabupaten Humbahas akan mendapat dana insentif dari Pemerintah Pusat. Ada tambahan anggaran untuk daerah yang mendapat Adipura,” jelas Bupati Humbahas.

Bupati mengajak seluruh masyarakat Humbahas supaya sama-sama menjaga kebersihan, kalau ada sampah di lingkungannya supaya dipungut, jangan sembarangan buang puntung rokok.

“Adipura ini sebagai cambuk bagi kita, maka semua harus saling menjaga kebersihan. Bersih itu sangat-sangat indah, enak. Kebersihan harus menjaga budaya kita. Kebersihan tanggungjawab kita semua. Semua sekolah termasuk desa supaya membeli tong sampah, sehingga masyarakat bisa membuang sampah ke tempat yang tersedia,” tegas Bupati Humbahas.

Acara juga dirangkai dengan pemberian tali asih kepada para petugas kebersihan “Pasukan Orange”.

jesiho.

Editor : Zul