Bupati Humbahas Tinjau Pembibitan Peternakan dan Balai Benih Ikan

Humbahas226 Dilihat

Gorgajenius.id.
■Doloksanggul (HUMBAHAS).

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE bersama pimpinan OPD melakukan peninjauan ke Unit Pembibitan Perternakan dan Balai Benih Ikan di Desa Janji Hutanapa Kecamatan Parlilitan, Selasa (10/1/2023).

Dalam peninjauan itu, Bupati Humbang Hasundutan menghimbau kepada Dinas Peternakan dan Perikanan agar bantuan bibit ternak babi dan benih ikan dari Unit Pembibitan Perternakan dan Balai Benih Ikan didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Namun harus sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku guna peningkatan pendapatan dan taraf hidup masyarakat di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Diharapkan dengan adanya bantuan 2 ekor bibit babi lepas sapih (1 ekor jantan dan 1 ekor betina) ternak babi kepada masyarakat dan dipelihara secara baik dan mematuhi anjuran dari dinas terkait. Dalam kurun waktu 2 tahun sudah mampu memproduksi minimal 20 ekor ternak babi lepas sapih yang tentunya ini akan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat.

Bupati menghimbau kepada masyarakat agar membuat permohonan kepada dinas terkait dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut, surat permohonan, surat Pernyataan dari Pemohon bahwa ternak babi yang diterima diperuntukkan untuk proses pengembangbiakan, fotocopy KTP/KK dan foto dokumentasi kandang. Pembayaran Retribusi Daerah (anak babi lepas sapih: Rp. 250.000/ekor, Calon Induk Rp.1.000.000/ekor) hal ini sesuai dengan Peraturan Daerah tentang Retribusi Daerah

Plt Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan drh Nella Simamora menyampaikan saat ini dalam upaya penyediaan bibit unggul ternak babi dan benih ikan yang berkwalitas melalui Dinas Peternakan dan Perikanan melakukan pengadaan calon induk ternak babi sebanyak 30 ekor (25 ekor betina dan 5 pejantan) dengan jenis bangsa babi Yorkshire Murni, Landrace Murni dan Doruc Murni yang bersumber dari PT. Allegerindo Nusantara.

PT itu merupakan perusahaan yang memiliki kompartemen (bebas penyakit African Swine Fever) dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia dengan target kelahiran tahun 2023 sebanyak 500 ekor anak babi lepas sapih yang akan disebarkan kepada masyarakat.

Pada tahun 2022 Dinas Peternakan dan Perikanan telah menyebarkan bibit ternak babi lepas sapih sebanyak 240 ekor kepada masyarakat di Kabupaten Humbang Hasundutan.

jesiho

Editor : Zul