Bupati Simalungun bersama Wakil Bupati Ziarah ke Makam Tuan Guru Jason Saragih

Simalungun1623 Dilihat

GORGAJENIUS.ID
■SIMALUNGUN

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Wakil Bupati H Zonny Waldi melakukan ziarah ke makam Tuan Guru Jason Saragih, yang merupakan seorang tokoh/pelopor/bapak pendidikan Simalungun. Makam tersebut berlokasi di Kelurahan Pamatang Raya, Simalungun, Sumut, Selasa (2/5/2023).

Kegiatan ziarah tersebut di lakukan Bupati bersama Wakil Bupati se-usai melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang bertajuk “Bergerak bersama semarakkan merdeka belajar” di halaman kantor Bupati Simalungun.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa sudah sepantasnya lah kita menghormati sang pahlawan, sang pelapor, sang guru pendidikan Kabupaten Simalungun.

“Kita bayangkan perjuangan beliau (Tuan Guru Jason Saragih) pada tahun 1911, saya kira jalan dari Siantar ke Tingarunggu mungkin belom ada aspal saat itu, mungkin masih jalan setapak pada saat itu,” kata Bupati.

“Maka sudah sepantasnya lah kita menghormati sang pahlawan kita, sang pelapor dan guru pendidikan Kabupaten Simalungun,” sambung Bupati.

Disampaikan Bupati, sungguh luar biasa perjuangan Tuan Guru Jason Saragih pada saat itu. “Kalau dulu, Tuan guru Jason mungkin sekolahnya tidak menetap, jika di banding dengan anak-anak saat ini,” kata Bupati.

Bupati mengatakan, Tuan guru Jason belajar sampai ke kampung-kampung, ke huta-huta dengan jalan kaki, namun anak sekarang pergi sekolah naik angkot, duduk dan sampai ke sekolah. “Dan pada Tahun 1911 saya kira belum ada kendaraan bermotor saat itu,” ucap Bupati.

Untuk itu, Bupati mengatakan, perjuangan Tuan Guru Jason Saragih merupakan motivasi bagi masyarakat terutama generasi muda untuk lebih giat belajar, lebih fokus dan lebih meningkatkan lagi gairah belajarnya.

“Mungkin tanpa tuan guru Jason, saya kira kita akan terbelakang saat ini. Banyak sudah para pendiri Simalungun yang sudah berhasil melalui didikan Tuan Guru Jason, termasuk juga mantan Bupati Simalungun Tuan Madja dan Bupati Radjamin Purba, itu anak didik Tuan Guru Jason,” Sebut Bupati.

Oleh karenanya, kepada anak-anak peserta didik, putra putri terbaik Simalungun, Bupati berharap agar belajar lebih giat dan lebih keras lagi, karena hidup ini kedepan semakin kompetitif. “Siapa yang paling pintar, dia yang tepat meraih kesuksesan,” kata Bupati.

Saat ziarah, Bupati dan Wakil Bupati didampingi Kapolres AKBP Ronald FC Sipayung, Dandim 0207/Sml Letkol Inf Hadrianus Yossy, mewakili Ketua PN Simalungun Amiruddin, Ketua TP PKK Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, sejumlah pejabat tinggi Pratama dilingkungan Pemkab Simalungun, Forkopimca Raya, pengurus TP PKK dan Dharma Wanita Persatuan Pemkab Simalungun serta para pelajar dan undangan lainnya.

jesiho.

Editor : Zul