Bupati Simalungun Dukung Pencanangan Sub PIN Polio

Simalungun888 Dilihat

Gorgajenius.id.
■SIMALUNGUN

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mendukung penuh pelaksanaan pencanangan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.

Dukungan itu disampaikan Bupati saat melakukan Pencanangan Sub PIN Polio di Kabupaten Simalungun yang berlangsung di Huta Pondok Manik Afdeling 5 Nagori Pagar Jambi Kecamatan Tanah Jawa, Simalungun, Sumut Senin (13/2/2023).

Dalam Pencanangan Sub PIN ini, dilaksanakan pemberian bantuan kursi roda bagi masyarakat yang membutuhkan, pengobatan gratis, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan HB ibu hamil, pemberian makanan tambahan ibu hamil dan balita, dan pemberian vitamin A pada balita.

Disampaikan Bupati bahwa, kegiatan ini sejalan dengan visi misi Bupati dan wakil Bupati dalam pemulihan kesehatan. “Ini adalah bentuk upaya pemerintah memberikan yang terbaik kepada masyarakat dalam bentuk kesehatan,” Kata Bupati.

Selanjutnya, Bupati Simalungun berharap kegiatan ini berlanjut terus, sehingga dapat mencetak manusia-manusia Simalungun yang cerdas, terampil, mumpuni dan kedepannya menjadi generasi yang mampu membangun Simalungun.

“Saya pernah membaca buku, dimana bangsa-bangsa yang paling pintar di dunia ini adalah Israel. Kenapa mereka pintar karena mulai dari janin lah si anak itu di perhatikan. Dan tidak hanya tanggungjawab ibu itu saja, akan tetapi harus sang ayah juga memiliki peran besar. Jadi saya mengajak seluruh ibu dan bapak didiklah anak itu dari mulai janin,” kata Bupati.

Bupati juga mengajak para ibu hamil agar rajin menjaga janin dalam kandungannya sehingga nantinya si anak menjadi anak yang pintar. “Rajin jugalah mendengar lagu-lagu instrumen untuk ibu hamil, untuk meningkatkan dan memancing pikiran si anak,” ujar Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada TP PKK Kabupaten Simalungun yang telah memperhatikan masyarakat Simalungun dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan terkait pertumbuhan si anak bagi ibu hamil.

Sebelumnya Kadis Kesehatan Kabupaten Simalungun Edwin Tony SM Simanjuntak melaporkan bahwa, kegiatan ini di laksanakan berdasarkan upaya peningkatan kesehatan masyarakat sesuai dengan amanat Permenkes 04 tahun 2019 tentang standar kesehatan Nasional.

Kegiatan ini meliputi pelayanan kesehatan kepada ibu hamil, pelayanan kesehatan balita, pelayanan kesehatan usia produktif, serta pelayanan kesehatan usia lanjut.

“Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari TP-PKK Kabupaten Simalungun, Gelora pengusaha Apotek dan Puskesmas,” sebut Edwin.

Salah seorang warga yang mendapat bantuan kursi roda, marga Tamba, mengucapkan terimakasih kepada Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun Ny Ratnawati Sidabutar yang telah memberikan kursi roda kepada dirinya.

Dikesempatan itu, Bupati melakukan pengecekan posko pelayanan publik.

jesiho.

Editor : Zul