Bupati Simalungun Hadiri Upacara Latihan Dasar Komcad Pertahanan Negara Tahun 2023

Simalungun2189 Dilihat

GORGAJENIUS.ID
■SIMALUNGUN

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menghadiri upacara pembukaan pelatihan dasar kemiliteran Komponen Cadangan (Komcad) Pertahanan Negara Tahun 2023, di Lapangan Rindam I/BB, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kota Pematang Siantar, Senin (8/5/2023).

Dalam kesempatan itu, Bupati Simalungun menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menyambut baik dengan adanya latihan dasar kemiliteran tersebut.

“Tentu ini juga akan memberikan suatu pemandangan kepada masyarakat bahwa menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia itu adalah hal yang harus kita lakukan bersama-sama. Kepada seluruh peserta tetap bersemangat, jaga kesehatan dan tetap patuhi perintah dari pelatih,” kata Bupati dihadapkan wartawan dari berbagai media.

Sementara itu, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin saat mejelaskan bahwa, ada 500 orang yang lulus Komcad, terdiri dari ASN, mahasiswa, BUMN, BUMD dan yang lainnya.

“Adapun yang mendaftar sebanyak 2.509 orang dan kemudian diseleksi tinggal 750 dan latihan dasar untuk seleksi lanjutan terpilihlah 500 orang yang memenuhi kriteria,” jelas Pangdam.

Menurut Pangdam, para Komcad tersebut akan mengikuti pelatihan selama 3 bulan. “Usai mereka di latih selanjutnya akan kita organisir menjadi Komite Cadangan yang wilayah tugasnya Kodam 1 Bukit Barisan,” sebut Pangdam.

Disampaikan Pangdam, kalau untuk pelatihannya tidak sama dengan komponen utama. “Gret pelatihan di kurangin dari yang biasanya, ada pelatihan-pelatihan dasar yang diberikan,” kata Pangdam.

Selanjutnya Pangdam mengatakan,tujuan Komcad ini dilakukan untuk memperkuat komponen utama yakni TNI, untuk mengabdi dalam usaha pertahanan Negara yang dilaksanakan secara sukarela. “Nantinya Komcad ini akan di tugaskan apabila Negara dalam keadaan darurat,” ucap Pangdam.

Pangdam berharap Kepada para peserta Komcad agar mengikuti semua perintah dan aturan yang di buat oleh pelatih, dan selama latihan harus menggunakan pikiran saat menerima materi dan pada saat di perintahkan kan oleh pelatih langsung di kerjakan, jangan di pikir-pikir agar tetap semangat untuk latihannya.

jesiho.

Editor : Zul