Bupati Simalungun, Kapolres Bersama Dandim Tinjau Persiapan Pos PAM Idul Fitri 1444 H

Simalungun1400 Dilihat

Gorgajenius.id
â– SIMALUNGUN

Untuk kenyamanan dan keamanan masyarakat dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M, di wilayah Kabupaten Simalungun didirikan 12 Pos terdiri Pos Pengamanan (Pos PAM), Pos Pelayanan (Pos Yan) dan Pos Terpadu Ops. ketupat Toba 2023.

Untuk memastikan kesiapan Pos dan personil yang bertugas terutama di lokasi – lokasi rawat kecelakaan dan kemacetan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga melakukan peninjauan di sejumlah posko, Kamis (20/4/2023).

Dalam peninjauan itu Bupati di dampingi Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung dan Dandim 0207SML Inf Hadrianus Yossy dan sejumlah pejabat tinggi pratama Pemkab Pemkab Simalungun.

Adapun lokasi pos pam yang di tinjau yakni di Simpang Sampuran Kecamatan Jorlang Hataran, Simpang Palang Dolok Panribuan. Sedangkan di Kecamatan Girasang Sipanbolon yakni di Sitahoan, Open Stage Parapat dan Pantai Bebas Parapat.

Kemudian Pos Pam yang berada di Jalan Tol Sinaksak – Tebing Tinggi berlokasi Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun.

Saat meninjau Pos PAM di Pantai Bebas Parapat, Bupati, Kapolres dan Dandim bertemu dengan Kombes Benni dari Mabes Polri, yang ikut langsung meninjau Pos PAM di lokasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba Parapat tersebut.

“Danau Toba Parapat ini kan masuk salah satu destinasi Pariwisata Super Prioritas. Jadi kita akan support, dan itulah kita hadir di sini untuk mengecek kesiapan Pos Pam di Parapat,” kata Benni.

Benni berharap lokasi pariwisata super prioritas ini aman, nyaman untuk para wisatawan mancanegara maupun Internasional.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Simalungun menyampaikan, tujuan peninjauan posko untuk memastikan kondisi Pos Pam dalam keadaan Baik termasuk personil yang bertugas, sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman dalam merayakan Idul Fitri 1444 H.

“Kami bersama jajaran Forkompimda hari ini turun memastikan kondisi Pos PAM dalam keadaan baik. Dan Alhamdulillah sudah kita cek bersama, kondisinya baik-baik saja. Intinya kami ingin memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Kabupaten Simalungun,” kata Bupati.

Menurut Bupati Simalungun, calon pemudik tahun 2023 memiliki potensi peningkatan, dan diperkirakan meningkat hampir 48%.

Disampaikan Bupati, Kabupaten Simalungun memiliki Destinasi Wisata Super Prioritas yaitu Danau Toba. Lokasi Pariwisata ini diperkirakan akan mendapatkan limpahan pengunjung/wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

“Tentu kondisi ini memerlukan kesiapsiagaan kita, bagaimana kita menyambut tamu-tamu kita dengan baik. Maka kami bersama jajaran Forkompimda memastikan agar semuanya bisa berjalan dengan baik,” kata Bupati.

“Kita ingin hadirkan mudik yang Gembira, Nyaman, dan Aman,” sambung Bupati.

Bupati juga tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Kombes Benni dari Mabes Polri yang sudah memberikan perhatian dan meninjau langsung Pos Pam khusus di Kota Parapat Danau Toba.

“Kabupaten Simalungun sangat mendukung Danau Toba Parapat menjadi pariwisata super prioritas. Dan tadi Kombes Benni turun langsung ke Parapat meninjau Pos Pam yang ada di Kota Wisata Parapat ini,” ujarnya.

Selanjutnya, kepada masyarakat Simalungun yang akan mudik ke Simalungun, Bupati berharap agar tidak memaksakan selama di perjalanan.

“Kalau selama perjalanan merasa lelah silakan dulu beristirahat di Pos Pam ataupun di pos pelayanan yang telah di persiapkan di beberapa titik yang ada di Kabupaten Simalungun,” ucap Bupati.

Dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, yang juga sebagai hari kemenangan, Bupati berharap kepada masyarakat untuk bisa melakukan komunikasi yang baik dengan sesama dan melakukan belanja dengan bijak. “Yang artinya berbelanjalah sesuai kebutuhan kita masing-masing,” harap Bupati.

Informasi di peroleh saat peninjauan Pos Pam dan Pos Yan bersonil yang bertugas terdiri dari TNI/Polri sebanyak 440 personil bersama 220 personil gabungan yang berada di 12 posko. (5 Pos PAM, 6 Pos Yan dan 1 Pos terpadu).

Pos pos ini sengaja di persiap oleh di wilayah Kabupaten Simalungun untuk keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat Simalungun yang hendak merayakan hari raya idul Fitri.

â– jesiho.

Editor : Zul