Di Universitas HKBP Nomensen, AKBP Ronald Paparkan Peran Kepolisian Era Society 5.0 Menuju Generasi Emas 2045

P. Siantar38 Dilihat

Gorganews.com 《P. Siantar》
Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., menjadi tamu kehormatan di Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar dengan diminta untuk menjadi Narasumber Kuliah Umum dalam rangka Dies Natalis Ke-5 UHKBPNP.

Kegiatan kuliah umum tersebut digelar di Auditorium Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar, Jln.Sangnawaluh Kota Pematangsiantar, Selasa (13/12/2022) sekira Pkl.14.00 WIB.

“Indonesia Emas 2045 merupakan cita-cita tinggi bangsa Indonesia akan Indonesia yang maju, unggul, dan mampu bersaing serta cukup gagah dalam mengatasi permasalahan rumit bangsa pada tahun 2045.

Society 5.0 dibuat sebagai solusi dari revolisi 4.0 yang ditakutkan akan mendegradasi umat manusia dan karakter manusia, diera society 5.0 ini nilai karakter harus dikembangkan, empati dan toleransi harus dipupuk seiring dengan perkembangan kompetensi yang berfikir kritis, inovatif, dan kreatif.

Society 5.0 bertujuan untuk mengintegritasikan ruang maya dan ruang fisik menjadi satu sehingga semua hal menjadi mudah dengan dilengkapi artifical intelegent,” ujar AKBP Ronald, saat menyampaikan materi Paparan Peran Polres Simalungun di Era Society 5.0 Menuju Generasi Emas 2045.

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan bahwa Kepolisian telah membuat Aplikasi Layanan Publik Berbasis Teknologi Informasi guna menghadapi Society 5.0 tentu tantangan Kepolisian ke depan tidaklah semakin ringan, justeru sebaliknya akan semakin berat karena ruang dan dimensi permasalahan akan semakin komplek, dinamik dan multivariat.

Maka Polri telah menerapkan 15 Aplikasi layanan publik berbasis teknologi informasi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi seperti Aplikasi SIM Internasional Online, SIM Nasional PRESISI (SINAR), Ujian Teori SIM Online (EAVIS), Elektronik Pemeriksaan Psikologi (E-PPSI), Elektronik Pemeriksaan Kesehatan (E-RIKKES), BINMAS Online sistem (BOS), POLRI TV Samsat Digital Nasional (SIGNAL), SKCK Online, Pelayanan Masyarakat SPKT, Aduan SPKT, SP2HP Online, Patroli SIBER.ID, DUMAS PRESISI, PROPAM PRESISI, ini semua guna mengimbangi perubahan-perubahan yang terjadi akibat akselerasi teknologi yang super cepat, berimplikasi logis para pada perubahan strategis maupun perubahan teknis, ucap AKBP Ronald.

Polres Simalungun juga telah mempersiapkan diri dengan pelaksanaan tugas Kepolisian yang terencana dalam menyusun langkah demi langkah untuk melakukan perbaikan dalam mengimbangi berbagai dinamika persoalan.

Beberapa Program unggulan Polres Simalungun di bidang Pembinaan yaitu dengan mengimplementasikan Dumas Terpadu, Pemberian Reward and Punishment, Program Polisi Belajar dan Binrohtal Kepada Personel. Selanjutnya di bidang operasional Polres Simalungun telah melakukan Pembentukan Pol Subsektod Bandar Marsilam, Pembangunan Gedung Pelayanan Terpadu, Penggelaran Personel Strong Point, Blue Light Patroli, Program Curhat Warga, Jumat Curhat, Minggu Kasih, GAKKUM tegas terhadap Premanisme, Judi dan penyakit masyarakat serta Polisi Sahabat anak, ucap Kapolres Simalungun.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor UHKBPNP Prof. Dr. Sanggam
Siahaan, M.Hum., Ketua Panitia Perayaan Dies Natalis Ke-5 Dr. Aprido Bernando Simamora, M.Pd., serta pejabat Rektorat Univ HKBP Nommensen Pematangsiantar dan sejumlah pejabat/dosen Mahasiswa/wi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. 《Jessiho》

Editor : Zul