Ini Sosok Dibalik Suksesnya Pengamanan F1 Power Boat Danau Toba

Medan207 Dilihat

Gorgajenius.id*
MEDAN

Event F1 Powerboat yang diselenggarakan Injourney di Kota Balige, Kabupaten Toba, menjadi perhatian dunia. Bagaimana tidak event berkelas internasional itu baru pertama kali diadakan di Indonesia, tepatnya Di Danau Vulkanik Terbesar Dunia Yaitu Danau Toba, Sumetara Utara.

Semua kemetrian dan lembaga terkait bersinergi Untuk menyukseskan evet F1 Powerboat selama tiga hari sejak 24-26 Februari 2023 yang diikuti para pebalap perahu motor super cepat dari berbagai negara belahan dunia itu pun dipersiapkan pengamanan yang cukup matang.

Event yang baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia ini tentu menarik perhatian banyak orang, terbukti ribuan pasang Mata Hadir langsung menyaksikan lomba bergensi tersebut.

Polda Sumut bersama Kodam I Bukti Barisan menjadi garda terdepan langsung bergerak cepat menyusun skema pengamanan yang dirangkai dalam operasi mandiri kewilayahan dengan sandi Hopal Toba 2023,
dibawah kendali Langsung Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs. RZ Panca Putra Simanjuntak, M.si.

Kapolda Sumut selama 14 hari memilih berkantor di Kota Balige Kabupaten Toba. Mempersiapkan bentuk skema pengamanan F1 Powerboat tersebut, Sejumlah personel TNI/Polri dikerahkan melaksanakan tugas pengamanan di Kota Balige.

Jelang seminggu perhelatan F1 Powerboat, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Daniel A Chardin, Pemprov Sumut, Pemkab Toba menggelar seluruh pasukan dan sarana prasarana sekaligus menggelar simulasi pengamanan dalam bentuk Tactical Floor Game.

Operasi Hopal Toba 2023 sendiri tidak hanya mengamankan perhelatan F1 power boat tetapi juga mengamankan seluruh aktifitas masyarakat terlebih Presiden Jokowi pun hadir menonton

Kapolda Sumut yang memimpin jalannya simulasi pengamanan memastikan seluruh personel telah disiapkan dan ditempatkan dititik-titik tertentu yang dianggap rawan selama F1 Powerboat yang terbagi dalam rayonisasi pengamanan.

Untuk memperkuat pengamanan, Polda Sumut dan Kodam I Bukit Barisan menggelar apel gelar untuk mengecek kesiapan Personil dan sarana prasarana dalam rangka memberikan pelayanan dan pengamanan terbaik kepada masyarakat sekitar, wisatawan asing maupun Domestik serta para pembalap F1 Powerboat

Ribuan personel TNI/Polri dan stakeholder terkait diturunkan mengikuti apel gelar pasukan di Lapangan Batalyon Si’mbisa 125. Selanjutnya disebar ke titik-titik lokasi pos pengamanan yang telah disiapkan yang terploting dalam 10 Pos Pengamanan.

Kapolda Sumut tanpa kenal lelah terus memantau perkembangan jalannya proses pengamanan F1 Powerboat secara mendetail, dari satu titik ke titik lainnya, dari satu lokasi ke lokasi lainnya, Hal itu dilakukannya agar pengamanan yang telah dirancang dapat berjalan dengan baik.

“Saya tekankan kepada personel yang menjalankan tugas pengamanan F1 Powerboat harus bersikap humanis, layani semua masyarakat dan sy pastikan aktifitas masyarakat tetap berjalan, Jangan sampai bikin masyarakat khawatir,” ujar Irjen Pol Panca Putra

Agar masyarakat di Kota Balige tenang menjalankan aktivitasnya, Kapolda Sumut bersama Pangdam I Bukit Barisan sembari berjalan kaki menyusuri jalanan kota Balige menyapa dan berphoto beesama warga sembari meminta dukungan untuk menyukseskan perhelatan F1 Powerboat.

Bahkan, jenderal bintang dua itu pun meminta masyarakat untuk memutar lagu batak agar para wisatawan yang berkunjung ke Kota Balige tidsk hanya menyaksikan F1 Powerboat tetapi juga bisa mendengar musik khas batak agar wisatawan merasa terkesan datang ke tanah batak. Begitu juga dengan para seniman juga diajak untuk mendukung jalannya balapan perahu motor F1 tersebut.

Kapolda Sumut juga menerapkan rekayasa arus lalu lintas selama adanya F1 Powerboat di Kota Balige. Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan karena ribuan masyarakat dari berbagai daerah memadati Kota Balige.

Berbagai sosialisasi gencar dilakukan Tentunya saat pelaksanaan rekayasa arus lalu lintas personel sudah standby di lapangan memberikan pemahaman kepada masyarakat sehingga bisa menerima adanya pengalihan arus lalu lintas dan aktivitas seperti biasa tetap berjalan.

Selain personel pengamanan yang disiagakan, Polda Sumut dan Kodam I Bukit Barisan juga menurunkan sebanyak 20 unit kapal patroli yang bertujuan untuk mengamankan perairan Danau Toba saat kegiatan F1 Powerboat berlangsung.

Juga sebanyak 70 tim dokter spesialis dilibatkan untuk menangani medis jika ada pembalap F1 Powerboat yang mengalami cidera saat bertanding. Tak hanya itu, Polda Sumut juga memasang alat canggih face recognition, CCTV dan mobile Command Center Korps Brimob Polri.

Tak ketinggalan Polisi berkuda pun hadir memberikan pengamanan bahkan menjadi daya tarik tersendiri dari pengunjung.

Polda sumut juga memberikan pengawalan truk kontainer yang membawa logistik F1 Powerboat dari Pelabuhan Belawan menuju Kota Balige atau sebalikanya pasca berakhirnya perhelatan akbar tersebut.

“Alhamdulillah, seluruh rangkaian pengamanan F1 Powerboat di Kota Balige sukses dijalankan, oleh karena itu saya selaku Kapolda Sumut mengucapkan terima kasih kepada personel TNI/Polri, masyarakat atas dukungan yang telah diberikan, terus Jaga Kampung Kita agar lebih maju,” ucap Kapolda Sumut.

Sistem pengamanan yang dilakukan Kapolda Sumut dan Pangdam I Bukit Barisan juga mendapat apresiasi dari Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan, saat meninjau lokasi F1 Powerboat. Ia mengaku bangga dengan kerja keras yang dilakukan agar masyarakat yang datang ke Kota Balige tetap merasa aman dan nyaman.

“Luar biasa bentuk pengamanan yang telah disiapkan. Saya bangga terima kasih Pak Kapolda Sumut, Pangdam I Bukit Barisan karena sudah bekerja keras mendukung suksesnya F1 Powerboat,” terang Luhut.*
Red

Editor : Zul