KemenLHK RI Beri Anugerah Adipura Pada Pemko Pekanbaru

PEKANBARU38 Dilihat

Gorgajenius..id *
PEKANBARU

Warga Kota Pekanbaru boleh berbangga, karena hasil perjuangan Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun, berserta jajaran telah berupaya keras menjaga kebersihan dan lingkungan yang sehat di Kota Pekanbaru. Kabarnya hari ini, Selasa, 28 Februari 2023, Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun akan menerima langsung sertifikat Adipura. Selasa, (28/02/2023).

Terkait penganugerahan sertifikat untuk kota Adipura itu, sekretaris kota pekanbaru, Indra Pomi, hari ini menyampaikan bahwa penerimaan sertifikat tersebut bukan lah barang mudah, melainkan melalui proses yang berat dan penuh tantangan, karena perjuangan ditengah-tengah kondisi keuangan pemko pekanbaru yang kurang baik, pasca pemko pekanbaru dijabat oleh Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.

“Kita sangat bersyukur, karena akhirnya kita dapat menerima sertifikat Adipura dari kementerian lingkungan hidup dan kehutanan, melalui Ibu Menteri Siti Nurbaya, setelah melalui proses berat ditengah situasi keuangan yang kurang baik,” Kata Indra Pomi hari ini di Pekanbaru.

Hari ini, Selasa 28 Februari 2023, kabarnya penganugerahan sertifikat Adipura sebagai kota yang aktif dan terus berinovasi untuk kota yang bersih sedang berlangsung di gedung kementerian lingkungan hidup dan kehutanan RI. Sertifikat langsung diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia (KemenLHK RI), kepada Pejabat Walikota Pekanbaru, Muflihun, S. STP., M. AP.

Menurut Indra Pomi, yang juga dikenal kaya akan ide dan inovasi untuk membangun kota Pekanbaru itu, pihaknya kali ini hanya menerima sertifikat saja. Karena menurutnya, saat ini ada perbedaan mekanisme dalam penganugerahan reputasi Adipura untuk kota, yakni harus bertahap, menerima sertifikat terlebih dahulu, kemudian disusul oleh piala.

“Sertifikat ini semacam penghargaan atas upaya dan peningkatan signifikan terhadap penanganan lingkungan dan kebersihan kota, dari yang sebelumnya pekanbaru sangat penuh dengan sampah, sekarang sudah menunjukkan perubahan signifikan dan begitu pula dengan kondisi banjir, kita terus menggesa dalam waktu singkat, agar kota kita benar-benar menjadi kota bersih, indah dan sehat, kemudian kita harapkan pemko pekanbaru dapat menerima Piala Adipura, ” Sebut Indra Pomi.

Disisi lain, Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun, S. STP., M. AP, kepada Wartawan mengatakan, dirinya sangat berterimakasih kepada seluruh warga Kota Pekanbaru, terutama kepada para tokoh masyarakat ulama, tokoh agama, tokoh pemuda, para mahasiswa, dan semua elemen dari semua suku dan ras yang ada di kota Pekanbaru, kepada Gubernur Riau, Drs. Syamsuar, yang juga selalu memberikan arahan dan pembinaan, agar perkembangan dan kemajuan kota Pekanbaru dapat terus dirasakan oleh seluruh masyarakat Pekanbaru.

“Ini semua tak lepas dari dukungan semua warga Kota Pekanbaru, terutama para pimpinan tokoh agama, ulama, tokoh pemuda, mahasiswa, insan pers Riau, dan yang paling saya hormati, yaitu Gubernur Riau, Drs. Syamsuar, yang selalu memberi arahan kepada kami, agar benar-benar dapat membawa perubahan positif dan berarti di Kota Pekanbaru. Do’akan kiranya, dalam waktu dekat, Kota Pekanbaru akan berhasil mendapatkan Piala Adipura sebagai kota bersih, sehat lingkungan dan tidak banjir dari Kementerian LHK RI, ” Ungkap Muflihun.

Muflihun mengaku, dirinya selaku Pj Walikota Pekanbaru yang dipercaya oleh Pemerintah pusat dan dukungan Gubernur Riau tidak akan pernah mampu bekerja sendiri tanpa keterlibatan banyak pihak, terutama melalui dinas Kebersihan dan lingkungan di kota Pekanbaru, Gubernur Riau, dan seluruh Masyarakat Kota Pekanbaru.

“Ini bukan hanya pekerjaan kami sendiri, tapi berkat dukungan banyak pihak, khususnya dinas terkait, Gubernur Riau juga, para tokoh masyarakat, insan Pers, DPRD, dan banyak bentuk dukungan lainya, yang menginginkan kebaikan dan kemajuan untuk Kota Pekanbaru, ” Pungkasnya. *
Red

Editor: Zul