Lima Tahun Perjuangan KLA, Kadis P3AP2KB Sebut Antar Instansi Kurang Koordinasi

NASIONAL246 Dilihat

Gorgajenius.id *
ACEH

Memasuki tahun kelima berjalannya upaya untuk menjadikan Gayo Lues sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA), Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) mengajak para Kepala Dinas tukar pikiran.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas P3AP2KB Yunidar, SE saat Rapat Koordinasi tentang Kabupaten/Kota Layak Anak, bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Gayo Lues pada hari Jum’at (17/01/2023).

Ia mengaku bahwa upaya menciptakan Kabupaten Layak anak sudah dilakukan oleh Dinas P3AP2KB sejak 5 tahun terakhir. Walau demikian, ikhtiar yang dikeluarkan belum juga menobatkan Kabupaten Gayo Lues sebagai Kabupaten Layak Anak.

Atas hal tersebut, Yunidar meminta semua stakeholder di Kabupaten Gayo Lues untuk ikut turun tangan demi mencapai cita-cita tersebut. Pasalnya, perwujudan Kabupaten Laya Anak tersebut merupakan tanggung jawab seluruh pejabat daerah yang ada di Kabupaten.

“Tanggung jawab mencapai Kabupaten Layak Anak ini bukan hanya ada di Dinas P3AP2KB saja, namun seluruh Dinas terkait. Jadi mari sama-sama disini kita bertukar pikiran, bagaimana agar Kabupaten kita bisa menciptakan lingkungan yang mendukung serta menjaga tumbuh kembang anak secara menyeluruh,” ujar Yunidar.

Selama 5 tahun mendongkrak perubahan untuk Kabupaten, DP3AP2KB berhasil menciptakan 4 kampung Ramah Anak, 30 Sekolah Ramah Anak, 6 Pesantren Ramah Anak dan 10 Paud HI.

Lanjutnya, walau sudah mencatatkan sejumlah kemajuan, beliau tidak menampik masih adanya kekurangan dalam upayanya tersebut. Kepala Dinas P3AP2KB itu menuturkan bahwa kurangnya koordinasi dengan instansi lainnnya menyulitkan pencatatan pencapaian program yang telah dijalankan.

“Kurang koordinasi dengan Dinas-Dinas lain membuat gerak kita lambat, tidak maksimal. Jadi laporan pencapaian programnya membuat kita kesulitan, dan akhirnya laporan kita ke Provinsi tidak maksimal, sehingga tidak bisa menyematkan status Kabupaten Layak Anak untuk Kabupaten Gayo Lues ke Provinsi Aceh,” pungkasnya.

Oleh sebab itu, Yunidar meminta agar pertemuan tersebut dapat mengeratkan kembali komunikasi antar-instansi terkait. Lebih lanjut beliau mengharapkan agar setiap personil perwakilan SKPK dapat mencurahkan masukannya dalam mencapai cita-cita Gayo Lues sebagai Kabupaten Layak Anak pada tahun mendatang.

Hadir pada rapat koordinasi tersebut Plt. Sekda Kabupaten Gayo Lues Ir. Bambang Waluyo, Kepala Dinas P3AP2KB Yunidar, SE, Perwakilan beberapa Instansi, serta tamu undangan lain.*
Red

Editor : Zul