Pemkab Simalungun Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2024

Simalungun1631 Dilihat

Gorgajenius.id.
■Parapat || SIMALUNGUN

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Badan Perencana Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kabupaten Simalungun Tahun 2024.

Gelar Musrenbang RKPD itu berlangsung di Hotel Khas Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Sumut, secara resmi di buka oleh Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldi dengan pemukulan Gondrang, Senin (20/3/2023).

Bupati Simalungun dalam sambut tertulisnya yang di bacakan Wakil Bupati antara lain menyampaikan, Musrenbang merupakan bagian dari proses penyusunan RKPD Tahun 2024 yang sangat membutuhkan saran, masukan dari semua pemangku kepentingan, agar perencanaan program nantinya tepat sasaran dalam mencapai Terget indikator pembangunan daerah.

Disampaikan Wakil Bupati, Kabupaten Simalungun salah satu daerah yang luas di Sumatera Utara, terdapat 32 kecamatan 413 Desa/keluaran, memiliki SDA yang luar biasa dan penduduknya sebagian besar berpenghasilan dari sektor pertanian.

Untuk itu, Wakil Bupati berharap pembangunan harus dapat mengarah kepada kebijakan pembangunan yang terintegrasi untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Dan infrastruktur jalan juga harus terkonektivitas sesuai dengan arahan Gubernur Sumatera Utara dan Pemerintah Pusat,” sebut Wakil Bupati.

Selanjutnya Wakil Bupati menekankan agar seluruh OPD yang ada di Kabupaten Simalungun merumuskan pembangunan yang mengarah kepada Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Simalungun ‘Rakyat Harus Sejahtera’.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Sumatera Utara, Ismael P Sinaga, dalam sambutannya menekankan agar Dunia Pendidikan dan Stunting menjadi skala prioritas utama.

“Dalam meningkatkan kunjungan wisatawan dan mendukung Destinasi Pariwisata, Pemerintah Simalungun juga harus meningkatkan kualitas pariwisata sehingga perekonomian masyarakat dapat meningkat,” ujar Ismael.

Sebelumnya Kepala Bapperida Simalungun Ronald Tambun melaporkan bahwa Musrenbang RKPD Kabupaten Simalungun dilaksanakan dalam waktu dua hari (20-21 Maret 2023).

Peserta dalam Musrenbang ini antara lain terdiri dari para Staf Ahli Bupati, Unsur Pemerintah Provsu, Forkopimda, Unsur pemerintah daerah, Para Camat, APDESI, USAID IUWASH Tangguh, pelaku usaha dan badan usaha, perbankan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh budaya, OKP, LSM, Dirut RSUD, Satgas Stunting DNA pendamping PKH.

Sebagai Nara sumber di Musrenbang kali ini berasal dari Bappenas, Bappelitbang Sumut, BI Perwakilan Siantar, BPS Simalungun, BBPJN Sumut dan Bapperida Simalungun.

jesiho.

Editor : Zul