Pemkab Simalungun Jalan Santai dan Kirab Budaya Bersama Masyarakat di Kota Parapat

Simalungun203 Dilihat

Gorgajenius.id.
■Parapat || SIMALUNGUN

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Dinas Kebudayan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Budparekraf) mengelar kegiatan jalan santai dan kirab budaya di kota Wisata Parapat Danau Toba Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Sumut, Sabtu (18/2/2023).

Gerak jalan santai dan kirab budaya tersebut dilepas oleh Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldi didampingi Kajari Irfan Hervianto, Danramil Parapat mewakili Dandim 0207/Sml dan Kapolsek Parapat mewakili Kapolres Simalungun dari RTP (Ruang Terbuka Publik) Pantai Bebas dan berakhir di Open stage, yang dilanjutkan dengan Senam Kesegaran Jasmani.

Kadis Budparekraf M Fikri F Damanik menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan di kota Wisata Parapat Danau Toba.

Selain itu menurut Fikri, juga untuk mendukung event internasional F1H2O. “Dalam kegiatan ini diikuti oleh masyarakat, pimpinan OPD, PHRI, Pokdarwis dan pelajar. Untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada sponsor yang mendukung terlaksananya kegiatan ini,” kata Fikri.

Sementara itu, Wakil Bupati Simalungun berharap melalui kegiatan ini dapat menumbuh kembangkan Pariwisata di Simalungun ‘Tanoh Habonaron Do Bona’, khusunya Kota Wisata Parapat Danau Toba.

“Sudah lama kita tidak berkumpul dalam suasana seperti ini, dikarena pandemi Covid-19. Syukurlah pandemi ini terus melandai sehingga kita bisa melakukan kegiatan ini di Parapat Danau Toba,”kata Wakil Bupati.

Wakil Bupati berharap kepada Dinas Budparekeaf agar kalender kegiatan-kegiatan seperti ini disusun dengan baik dan berkolaborasi dengan PHRI, penggiat seni budaya sehingga pariwisata di Simalungun dapat lebih meningkat di masa yang akan datang.

Kepada masyarakat kota Parapat, Wakil Bupati meminta untuk senantiasa menjaga kebersihan kota Parapat dan mempersiapkan diri untuk menyongsong kemajuan pariwisata.

“Bersihkan hati dan jiwa kita, bersihkan pekarangan rumah kita dan layani para tamu dengan baik serta tingkatkan kejujuran dalam berniaga, sehingga orang akan nyaman dan betah datang ke Parapat ini,” pinta Wakil Bupati.

Kepada semua pihak termasuk wartawan Wakil Bupati mengajak untuk bersama-sama memajukan Pariwisata, agar Simalungun lebih maju dan sejahtera.

Kegiatan itu ditandai dengan penampilan tarian multi etnis, pertunjukan Reok, pengundian kupon luckydraw, dengan hadiah menginap 2 malam di Hotel Khas Parapat, di hotel Patra Parapat 2 malam, di hotel Grand Tanaro 1 malam dan di Hotel Atsari 2 malam. Selain itu ada juga hadiah berupa sepeda gunung dan hadiah menarik lainnya.

jesiho.

Editor : Zul