Pengcab Toba Juara 1 Nasional Dikategori 60 Kg Putra dan Kelas Bebas Putri Pada Kejurnas Full Contact “Rood To Karate KyokushinRyu World Championship 2023”

Medan1419 Dilihat

Gorgajenius.id.
■MEDAN

Tim karate Full Contact Kab. Toba menurunkan 17 Karateka Full Contact Putra dan Putri terbaiknya untuk ikut serta di Kejuaraan Nasional Karate Full Contact Perguruan Karate Kala Hitam Indonesia PBB Cup – 1 bertemakan “Rood To Karate KyokushinRyu World Championship 2023”.

Kejurnas ini mempertandingkan berbagai tingkatan Kelas Pertandingan untuk Putra dan Putri dengan memperebutkan piala bergilir Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajek Syah yang digelar di GOR Samudera Jln. Letda Sujono No.117 Medan, Sumut.

Kejurnas Tahun 2023 ini membuatnya lebih menarik dan berkelas dikarenakan Kejurnas Karate Full Contact Perguruan Karate Kala Hitam Indonesia PBB Cup – 1 bertemakan “Rood To Karate KyokushinRyu World Championship 2023” di pantau dan dihadiri langsung oleh sang Legendaris Guru Besar International Karate Alliance KyokushinRyu (IKAK) Kancho Peter Chong dari Philppina yang juga didampingi Assistennya dari KyokushinRyu Singapore Bon Kit Tham DAN-IV.

Dari awal pertandingan hingga selesai Kejurnas sang Guru Besar Dunia IKAK (International Karate Alliance KyokushinRyu) ini tetap di dalam gedung (GOR) memantau jalannya pelaksanaan pertandingan hingga selesai. Diakhir pertandingan sang Guru Besar menyerahkan Piala Bergilir dan Piala Tetap kepada Juara 1 Kelas Bebas Putra yang juga sebagai juara terbaik demikian juga kepada Juara 2 dan 3.

Pimpinan/Pelatih Cabang Perguruan Karate Kala Hitam Indonesia Cabang Kab Toba Maraden Sihombing DAN-V didampingi Sekretaris/Pelatih Cabang Marimbun Marpaung DAN-IV bersama Manggeleng Togatorop DAN-III pimpinan Dojo Dolok Nauli menyebutkan, sebelumnya kita melakukan test dan seleksi untuk pemilihan atlit dari seluruh dojo perguruan karate Kala Hitam Indonesia Cabang Kab.Toba untuk dipersiapkan mengikuti Kejurnas PBB Cup-1 yang bertemakan “Rood To Karate KyokushinRyu World Championship 2023” untuk memperebutkan Piala bergilir Wagubsu tahun 2023 di Medan.

Atlet Karate Full Contact Kabupaten Toba yang diturunkan di berbagai kelas pertandingan diantaranya untuk Putra di Kelas Junior -33 Kg Jherome Siahaan dan Gohan TP Sitorus, Kelas Junior -40 Kg Gisel Junio Sihotang, Kelas Junior -55Kg Fachri A Manurung, Kelas Senior -60 Kg Surya Febriano Sihotang, Mario Togatorop, Ricardo Julius Aritonang, Immanuel Lumbanraja, Alex Saiola Samuel Sihotang dan Desman Christian Sugiarto Marpaung, Kelas Junior -60 Kg John Pagar M.T Marpaung, Kelas Senior 61 Kg – 70 Kg Yodie Herman Aditya Sitorus dan Roni Manurung dan untuk Kelas Senior 71 Kg/Kelas Bebas Gohan Zoyto Midennima Sihotang.

Untuk Kelas pertandingan Putri yang dipertandingkan hanya 1 Kelas Pertandingan yakni Kelas Bebas. Kita menurunkan Karateka Full Contact Putri Hany Indah Marichuy Marpaung, Rika Blessia Pane dan Agustina Sihotang.

Sebelumnya ke 17 Karateka telah dilatih secara aktif yang terpusat di dojo pusat Kabupaten di Balige 2 kali dalam 1 Minggu dan di dojo asal masing-masing atlit yang terpilih tetap menjalankan latihan dibina dan dilatih oleh pelatihnya secara proaktif sesuai dengan program latihan yang telah ditetapkan dalam upaya persiapan Mental, Fisik dan tehnik tehnik bertarung Full Contact untuk mengikuti Kejurnas PBB Cup-1 memperebutkan Piala bergilir Wagubsu Sabatu, 4 Maret 2023 di GOR Samudera, Medan, Sumatera Utara.

Lanjutnya, Tim karate Full Contact Kab Toba dari 17 Atlit Karateka yang diturunkan 7 Karateka meraih juara Nasional di beberapa kelas pertandingan yang dipertandingkan di Kejurnas Karate Full Contact memperebutkan Piala Wagubsu Musa Rajeksah di GOR Samudra Medan dan 2 diantaranya meraih Juara 1 Nasional di masing masing kelasnya Niko Jumailsa Sihotang dan Agustina Sihotang (Kelas Bebas Putri).

Disampaikan Maraden, Untuk Juara 1 Nasional Kelas Senior 60 Kg diraih Niko Jumailsa Sihotang (calon atlit Karateka Full Contact dari Kab Toba di Kejuaraan Internasional di Singapura yang rencananya akan digelar pada bulan November 2023 di Singapore).

Untuk Juara 2 Nasional pada Kelas Bebas Putra diraih Gohan Joyto Sihotang, Juara 3 Nasional di Kelas Senior 60 Kg diraih Surya Febriano Sihotang, Juara 2 Nasional Kelas -55 Kg Junior John Pagar Marisi Tua Marpaung, Juara 2 Nasional senior Kelas +60 Kg Roni Manurung.

Sedangkan Juara Paporit Usia 11 s/d 12 Tahun berhasil diraih Gisel Sihotang dengan hasil Juara III. Untuk Juara Paporit Senior diraih Yodie Herman Aditia Sitorus dengan hasil Juara III.

Lanjut Maraden Sihombing yang sebelumnya aktif bekerja di Kementerian PUTR dan saat ini telah pensiun menyampaikan, yang membuat kita Tim Karate Full Contact Kabupaten Toba sangat bangga dimana Karateka Full Contct Putri Kabupaten Toba berhasil menorehkan prestasi terbaiknya di kelas pertandingan Putri pada Kelas Bebas yang dipertandingkan hanya 1 Kelas saja yakni Kelas Bebas Putri dan Juara 1 Nasional Kelas Bebas Putri berhasil diraih Karateka Full Contact Putri Kab.Toba Agustina Sihotang, sebutnya.

Atas beberapa keberhasilan yang diraih tim Karateka Full Contact Kab. Toba pada Kejurnas PBB Cup-1 yang bertemakan “Rood To Karate KyokushinRyu World Championship 2023” dengan memperebutkan piala Bergilir Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajeksyah juga tidak terlepas dari peran serta dukungan Ketua Forki Toba Tonny M Simanjuntak,SE Wakil Bupati Toba yang terus mensuport semangat dan mental para Karateka serta tim Pelatih supaya tekun berlatih dan berjuang keras untuk berhasil meraih juara di setiap Kelas masing-masing.

Demikian halnya dengan Kepala Dinas Pendidikan Kab.Toba Rikardo Hutajulu saat memberangkatkan tim untuk bertanding di Mess Pemkab Toba Komplek Perumahan Setia Budi Medan, memberikan dukungan dan support kepada para Karateka Full Contact Toba dan berpesan, “jaga kesehatan fisik dan jadilah mental juara l, raih kemenangan dengan sportif, kibarkan bendera Toba di kancah Nasional khususnya di Kejurnas Karate Full Contact PBB Cup 1 “Rood To Karate KyokushinRyu World Championship 2023,” Ujarnya.

Tidak luput Maraden juga menyebutkan, Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari dukungan dan doa para guru dan Kepala Sekolah tempat para Atlit Karateka Full Contact Kab.Toba bersekolah yang telah berkenan memberikan ijin dan restu serta warga Toba lainnya yang memberikan supportnya, secara khusus juga kepada Kepala Cabang Dinas Pendidikan SMA/SMK Balige Prop.Sumut melalui Kasubbag TU Anjurbin F.S Siburian,ST,M.Si yang telah memberikan rekomendasi ijin Dispensasi resmi tidak masuk sekolah selama 3 hari untuk mengikuti Kejurnas tersebut yang bertemakan “Rood To Karate KyokushinRyu World Championship 2023”.

Untuk keberangkatan tim mengikuti Kejurnas dipimpin Sihan Maraden Sihombing DAN-V dan Sensei Marimbun Marpaung DAN-IV dibantu Semfai Manggeleng Togatorop DAN-III.selama mengikuti Kejurnas semua Karateka Full Contact Kab.Toba sehat walaupun para Karateka sedikit mengalami lebam dan memar.

Disampaikan John Pagar Marisi Tua Marpaung peraih Juara 2 Nasional di Kelas Juinor Putra -60 Kg, mengatakan walau lebam dan memar yang kami rasakan di Kejurnas Full Contact PBB Cup 1 “Rood To Karate KyokushinRyu World Championship 2023” tidak akan menyurutkan mental dan semangat kami para Karateka Full Contact Kab.Toba untuk berlatih lebih giat lagi dalam mempersiapkan diri untuk tampil di berbagai Turnamen Kejuaraan selanjutnya yang akan digelar.

Kami juga akan mempersiapkan diri di jelang pelaksanaan Kejuaraan Kabupaten Toba CUP – 2 Karate Full Contact Tahun 2023 yang akan digelar nanti oleh Forki Toba untuk memperebutkan piala bergilir Bupati Toba, dimana Kejurkab Toba Karate Full Contact Bupati Toba Cup – 1 tahun 2022 telah sukses digelar. Kami sangat berharap Kejurkab Karate Full Contact Bupati Toba Cup – 2 tahun 2023 untuk memperebutkan Piala Bergilir Bupati Toba bisa digelar secepatnya dan Bupati Toba merestuinya untuk digelar kembali Kata John dalam harapannya yang saat ini menyandang sabuk Hitam DAN-1 Kyokushin siswa SMA Negeri 1 Laguboti Kab Toba.

jesiho.

Editor : Zul