Samosir Usulkan SMA Unggulan di Sianjur Mula-mula

Samosir357 Dilihat

GORGAJENIUS.id
■SAMOSIR

Pemerintah Kabupaten Samosir, di bawah kepemimpinan Bupati Vandiko Timotius Gultom, telah melakukan lobi kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Pendidikan untuk mendirikan SMA Unggulan di Sianjur Mula-mula.

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir, Jonson Gultom, pada wawancara dengan Gorgajenius (14/06/2024).

Menurut Jonson Gultom, lokasi yang diusulkan untuk pembangunan SMA Negeri Unggulan tersebut adalah di Sianjur Mula-mula, dengan luas lahan sekitar 4 hektar.

Proses ini telah melibatkan keinginan masyarakat setempat, tokoh masyarakat, para kepala desa, dan dukungan anggota DPRD daerah.

“Selain meningkatkan kualitas pendidikan, siswa diharapkan dapat belajar dan menghargai sejarah daerah ini yang merupakan titik nol peradaban Siraja Batak, dengan situs bersejarah seperti Batu Hobon dan lainnya,” jelas Jonson.

Jonson juga berharap bahwa dengan lahan yang tersedia, pembangunan fasilitas yang memadai untuk SMA Unggulan di Kabupaten Samosir dapat terealisasi dengan bantuan dari Dinas Pendidikan Sumatera Utara.

Mahondang Sitanggang, Kepala SMA Negeri Sianjur Mula-mula, menambahkan bahwa dukungan untuk pembangunan sekolah unggulan ini datang dari berbagai tokoh masyarakat, baik yang merantau maupun yang tinggal di daerah tersebut.

“Kami telah mengadakan beberapa pertemuan resmi untuk memastikan usulan pembangunan ini dapat terealisasi tahun ini,” ujar Mahondang.

Jika terealisasi, ini akan menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Samosir, yang dapat bersaing dengan daerah lain yang sudah memiliki sekolah unggulan.

Joni Sagala, Anggota DPRD dari Fraksi Golkar yang juga asli putra Kecamatan Sianjur Mula-mula, menegaskan bahwa masyarakat sangat mendukung pembangunan SMA Unggulan ini.

“Keseriusan kami ditunjukkan dengan kesiapan mematangkan lahan untuk membantu Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Pendidikan dalam mewujudkan pembangunan SMA Unggulan di Kabupaten Samosir. Kami berharap ini dapat meningkatkan mutu pendidikan di daerah ini,” ujar Joni.

Selain pembangunan SMA Unggulan, Joni juga menyebutkan bahwa masih ada cukup lahan untuk mendirikan sekolah reguler lainnya.

“Semoga usulan ini mendapat perhatian dari pemerintah atas untuk peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Samosir,” kata Joni.

▪︎ANDIKA SITANGGANG