Silaturahmi Nasional IKWI se Indonesia Rangkaian HPN 2023 Sukses

Medan1065 Dilihat

*Mulai Konsolidasi Hingga Kunjungi Situs Huta Siallagan

Gorgajenius.id.
■MEDAN

Silaturahmi Nasional IKWI (Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia) se-Indonesia serangkaian kegiatan HPN (Hari Pers Nasional) tahun 2023 berlangsung sukses, sejak 7-9 Februari 2023, diikuti sekira 150 orang pimpinan dan anggota IKWI Indonesia, dipimpin langsung Ketua Umum Pengurus Pusat IKWI Hj Indah Kirana.

Silaturahmi Nasional IKWI se Indonesia tahun 2023 bertemakan ‘ Menuju tata kelola organisasi yang berkualitas’ diisi beberapa agenda kegiatan, diantaranya konsolidasi organisasi digelar Rabu (7/2/2023) di Hotel Khas Parapat Kabupaten Simalungun.

Kegiatan konsolidasi melibatkan beberapa pembicara dari Pengurus Pusat IKWI selaku narasumber. yaitu Hj Indah Kirana, Rahmayulis Saleh, Hj Dr Harbiyah Gani dan Ratna Minang Sari.

Ketua Umum PP IKWI Hj Indah Kirana, didampingi Ketua IKWI Provinsi Sumatera Utara Fadia Achri Yulan menyebutkan, silaturahmi nasional ini merupakan salah satu pertemuan pengurus maupun anggota IKWI dari seluruh nusantara dari Aceh hingga Papua.

Kemudian dilanjutkan penyempurnaan PD/PRT (Peraturan Dasar/Peraturan Rumah Tangga) dibahas Tim 9 perwakilan dari 34 provinsi, (Aceh, Jambi, Riau, Lampung, DKI, Jabar, Kalsel, Kaltim dan Sumsel) sebelumnya sudah bekerja secara marathon.

“Dari kegiatan silaturahmi ini, kita akan mengetahui keberadaan dan kondisi organisasi keluarga wartawan Indonesia ini. Apakah berjalan dengan baik atau masih ada kendala yang dihadapi. Jika ada kendala, kita saling sharing memperbaikinya dan membantu agar IKWI di daerah-daerah provinsi tetap eksis. Selanjutnya Tim 9 bekerja setelah konsolidasi organisasi,” ujar Indah Kirana.

Demikian halnya Fadia Achri Yulan mengapresiasi kehadiran ibu-ibu IKWI se Indonesia ke Provinsi Sumatera Utara, serangkaian kegiatan HPN 2023 di Sumatera Utara selaku tuan rumah.

Dalam kegiatan konsolidasi organisasi, peserta dari IKWI se Indonesia, berkesempatan bertanya terkait langkah-langkah yang perlu dilakukan, untuk kemajuan organisasi keluarga wartawan kedepan, sehingga keberadaan IKWI tidak hanya bermanfaat bagi anggota di internal, tapi juga bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Fadia yang akrab disapa Beby menyebutkan, selain konsolidasi organisasi, silaturahmi nasional IKWI juga diisi dengan penyempurnaan PD/PRT IKWI. Kegiatan selanjutnya, 150 anggota IKWI se Indonesia melakukan kegiatan tour ke sejumlah tempat wisata, diantaranya tour ke Pulau Samosir dan singgah ke Kampung Ambarita Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir-Sumatera Utara.

Rombongan IKWI melihat situs Huta Siallagan peninggalan Raja Siallagan konon merupakan situs tertua peninggalan Suku Batak. Huta Siallagan sudah diresmikan Presiden RI Joko Widodo menjadi kampung wisata dan diperbaharui pemerintah dengan tujuan untuk konservasi adat budaya, sekaligus destinasi wisata baru di Pulau Samosir.

■Zul

Editor : Zul