Sinergitas TNI-POLRI di Simalungun Dalam Mengamankan Cuti Bersama Lebaran Idul Fitri 2023

Simalungun3110 Dilihat

GORGAJENIUS.ID.
■SIMALUNGUN

Polri telah menerjunkan 148.211 personel gabungan yang terdiri dari aparat kepolisian Polri dan unsur terkait lainnya, seperti TNI, kementerian/lembaga, serta pemerintah daerah (Pemda) dalam Operasi Ketupat 2023. Operasi ini bertujuan untuk mengamankan Hari Raya Idul Fitri 1444 H termasuk arus mudik dan balik Lebaran 2023.

“Ratusan ribu personel yang turun dari Mabes Polri sebanyak 1.240 personel, Polda 91.153 personel, dan instansi terkait 55.818 personel,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho, dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/4/2023).

Sejalan dengan perintah terpusat tersebut Jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Utara juga telah menggelar Operasi Ketupat Toba 2023 dalam rangka mengamankan perayaan hari libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah (tanggal 19-25 April 2023) yang telah resmi digelar pada hari senin 17 April 2023.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., ketika ditemui menjelaskan bahwa Polres Simalungun melaksanakan Operasi Ketupat Toba 2023 bekerjasama dengan instansi terkait yang tidak terlepas dan saling bersinergi bersama dengan unsur TNI-Polri.

“Kami melakukan bersama-sama agar operasi ini berjalan dengan aman, lancar, dan tertib, sesuai dengan tagline, ‘Mudik Aman dan Berkesan’,” ucap Kapolres. Sabtu(29/4/2023) Parapat, Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun.

AKBP Ronald mengatakan, berdasarkan kajian pemerintah, diprediksi akan ada sekitar 123,8 juta orang yang akan merayakan Lebaran Idul Fitri 2023 di kampung halamannya. Itu artinya, jumlah pemudik tahun ini meningkat sebesar 14,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pada Lebaran 2022, terdapat 85,5 juta jiwa mudik ke kampung halamannya dan ini telah terbukti selama pelaksanaan Operasi dimulai arus mudik sampai arus balik tampak jumlah kendaraan meningkat setiap harinya.

Menurut dia, peningkatan jumlah pemudik itu disebabkan tidak adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), jumlah kasus Covid-19 yang sudah menurun, cuti bersama yang dimajukan, serta persepsi positif masyarakat dan kondisi ekonomi yang membaik.

“Kita bersyukur bahwa perekonomian kita bisa kembali pulih dan masyarakat bisa bersilaturahim dengan sanak-keluarga di kampung halamannya,” ucapnya,

Untuk mengamankan ratusan juta pemudik Lebaran 2023 ini, Polres Simalungun berkerja dan bersinergi dengan Kodim 0207/Simalungun serta Instansi terkait lainnya dengan menyediakan pos-pos pengamanan dan pelayanan yang tersebar di sejumlah titik jalur mudik di wilayah Kabupaten Simalungun, semua Pos yang telah didirikan bekerja secara terintegritas artinya Seluruh Personel dapat saling berkomunikasi menyampaikan informasi dan saling memberikan bantuan apabila dibutuhkan yang selalu dipantau langsung secara virtual oleh Petugas Posko Operasi Ketupat Toba 2023 dari Mako Polda Sumatera Utara dan meneruskan laporan kepada Bapak Kapolda Sumatera Utara.

Hingga hari ini Personel Polres Simalungun serta Kodim 0207/Simalungun juga Dinas lainnya yang melaksanakan Operasi Ketupat Toba 2023 masih melaksanakan Tugas dengan Penuh Tanggung Jawab dan tetap semangat, Ujar Kapolres.

dir’s.

Editor : Zul