Wakil Bupati Simalungun Dampingi Kapoldasu Tinjau Infrastruktur Jalur Tol Sinaksak-Dolok Merawan

Simalungun2369 Dilihat

Gorgajenius.id
■SIMALUNGUN

Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak didampingi Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldi meninjau infrastruktur Jalan Tol Sinaksak – Dolok Merawan, Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun, Sumut, Senin (10/4/2023).

Turut serta mendampingi Kapolda saat meninjau jalur Tol tersebut antara lain Walikota Siantar dr Susanty Dewayani, Kapolres AKBP Ronal FC Sipayung, Kapolres Siantar AKBP Fernando dan Kasdim 0207/Sml Mayor Inf Margana.

Kemudian, Kadis Perhubungan Simalungun Sabar P Saragih, Camat Tapian Dolok Juarini Purba, Danki 2 Bataliyon B AKP Adi Ageng, BBPJN Sumut Patar Ronny M, dan dari PT Hutama Marha Waskita (HMW) Iwan (pelaksana pembangunan jalan Tol Sinaksak serta Kasat Lantas Polres Simalungun AKP Haris Sihite.

“Hari ini saya mengunjungi dan meninjau Tol Sinaksak-Dolok Merawan untuk melihat kesiapan akses Tol ini sebagai fasilitas pendukung kelancaran Arus Mudik dan arus balik di lebaran 1444 H,” kata Kapolda dihadapan wartawan dari berbagai media.

Selain itu, Kapolda berharap Kabupaten Simalungun dan Kota Siantar untuk memastikan, selain akses jalan Tol, seluruh jalan dan akses jalan nasional serta jalan provinsi di kedua wilayah ini agar dalam kondisi siap untuk menyukseskan arus mudik dan arus balik di perayaan Idul Fitri 1444 H/2023 H.

“Tadi saya mendapat laporan semua dalam kondisi baik, dan akses tol sudah siap untuk digunakan dua jalur dan empat lajur dari Sinaksak – Dolok Merawan dan sebaliknya dari Dolok Merawa – Sinaksak,” kata Kapoldasu.

Terkait akses keluar dari Tol Sinaksak, Kapoldasu meminta Kapolres Siantar dan Simalungun agar mengatur dengan baik sehingga tidak terjadi kemacetan/ kepadatan pada akses keluar.

“Saya berharap, semua jalur nasional, jalur provinsi maupun kabupaten yang berada di masing-masing daerah, ini harus siap untuk dilewati masyarakat yang mudik,” kata Kapoldasu.

Kapoldasu meminta, kepada BBPJN Sumut, PT HMW termasuk Pemkab Simalungun dan Kota Siantar, hingga tanggal 15 April 2023 mendatang persiapan sudah selesai dilaksanakan, termasuk lampu jalan, rambu jalan darurat dan pos pengamanan di Tol Sinaksak-Dolok Merawan untuk memudahkan memantau kendaraan yang lewat.

“Secara umum, saya melihat semua sudah siap dan kita siap untuk melaksanakan Operasi Ketupat yang akan kita mulai hari Senin (17/4/2023) yang akan datang,” sebut Kapoldasu.

Menurut Kapoldasu, selain meninjau akses Tol Sinaksak-Dolok Merawan, beliau juga melakukan komunikasi dengan Wakil Bupati Simalungun dan Walikota Siantar tentang ketersediaan bahan pokok.

“Jangan ada yang mengambil keuntungan dan menimbun bahan pokok masyarakat dalam rangka menghadapi Idul Fitri 1444H,” kata Kapoldasu.

“Satgas pangan akan turun mengingatkan pihak-pihak atau orang-orang yang mengambil keuntungan dibalik kondisi ini, termasuk ketersediaan BBM yang akan dimanfaatkan masyarakat,” kata Kapoldasu.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Simalungun menyampaikan bahwa pihaknya akan mendirikan pos pelayanan, pengamanan dan terpadu dalam rangka Idul Fitri 1444 H/2023 M sebanyak 15 titik di wilayah Simalungun termasuk di lajur Tol Sinaksak.

Terkait dengan kondisi jalan Wakil Bupati Simalungun mengatakan bahwa kondisi jalan provinsi di wilayah Simalungun secara umum sudah dalam kondisi baik, namun masih ada di beberapa titik tertentu membutuhkan penanganan segera untuk kelancaran akses saat.

“Seperti di beberapa titik yang berada di badan Jln Asahan, jalan di Kota Perdagangan termasuk Jembatan Perdagangan. Selain itu, juga dibutuhkan perawatan jalan provinsi di luar target kegiatan perbaikan jalan tahun ini,” Ujar Wabup.

jesiho

Editor : Zul