Wakil Bupati Simalungun Sambut Kunjungan Silaturrahmi DP MUI Sumut

Simalungun1205 Dilihat

Gorgajenius.id.
■SIMALUNGUN

Dewan Pimpinan (DP) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melakukan kunjungan silahturrahmi dalam rangka Safari Ramadhan Tahun 1444 H/2023M di Kabupaten Simalungun.

Kehadiran DP MUI Prov. Sumut tersebut disambut oleh Bupati Simalungun H Zonny Waldi bersama Anggota DPRD Badri Kalimantan dan Ketua MUI H Ki Darjat Purba bersama sejumlah ormas Islam, di Gedung MUI Simalungun Jln Asahan Kecamatan Siantar, Simalungun, Sumut, Sabtu (8/4/2023).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Simalungun menyampaikan atas nama pemerintah dan masyarakat sangat bangga dan berterima kasih kepada MUI Sumut yang telah menjadwalkan untuk bersilaturrahmi di Kabupaten Simalungun.

Dijelaskan Wakil Bupati, Kabupaten Simalungun merupakan miniaturnya Indonesia, terdapat berbagai agama, suku, ras dan golongan, yang hidup berdampingan dan berjalan dengan kondusif.

“Semoga kehadiran MUI Sumut bisa menjadi semangat kepada kami dan menambah silaturrahim kita di bulan ramadhan ini, dan masukan-masukan disampaikan kiranya dapat menambah semangat kami dalam membangun Simalungun,” kata Wakil Bupati.

Sementara itu, Ketua DP MUI Prov. Sumut Dr H Maratua Simanjuntak, mengatakan bahwa kunjungan silahturrahim MUI Prov. Sumut dalam rangka safari ramadhan. “Dua Tahun MUI Prov. Sumut tidak melaksanakan safarari ramadhan dikarena pandemic covid,” katanya.

Menurutnya, safari ramadhan kali ini punya spesifik, berbeda dengan safari tahun sebelumnya. “Dari segi misi, yang selama ini muballighnya berbicara tentang puasa, surga dan neraka, dan itu menang kaji kita,” ujarnya.

“Tapi kali ini, kita punya tema untuk 10 nara sumber yang terjun ke masjid pembicaraannya sama, dengan Tema : Penguatan akidah dan ukhuwah Islamiyah, dan ukhuwah Islamiyah ini harus kita utamakan,” sambung Ketua DP MUI Sumut.

Ketua DP MUI Sumut berharap kepada semua tim muballigh yang melakukan safari ramadhan agar membuat satu tema pembicaraan yang sama. “Ada 78 Masjid yang akan kami kunjungi hingga 14 April 2023 mendatang, dan untuk tahun ini kami melakukan kunjungan di 9 kabupaten/kota,” kata Ketua MUI Sumut.

Ke-9 Kabupaten/Kota tersebut yakni Kabupaten Langkat, Kota Binjai, Kabupaten Karo, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai, Kota Tebing Tinggi, Kota Siantar, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Batu Bara.

“Setia masjid yang kami kunjungi diberikan 10 buah Al-Qur’an dan 30 buah Kain sarung. Untuk Kabupaten Simalungun kami akan mengunjungi 10 Masjid,”Kata Ketua MUI Sumut sembari meminta pendampingan dari MUI Simalungun.

Tim safari ramadhan DP MUI Prov Sumut terdiri dari, Ketua Umum Dr H Maratua Simajuntak, Wakil Ketua Umum MUI Prov Sumut Dr H Arso, Sekretaris Umum Prof Dr H Asmuni, Ketua Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Prof Dr H Hasan Bakti Nasution, Sekretaris PKU Prof.Ass Dr H Arifinsyah, Ketua Bidang Hukum dan Perundang-undangan Dr H Abdul Hamid Ritongah, Sekretaris Kerukunan antar umat beragama Arifin Umar, Bidang Luar Negeri KH Akhyar Nasution, Bidang Kominfo Hulman Lumbantobing, Ketua Bidang Sosial Bencana Laila Rani, Sekretaris Bidang Sosial Bencana Dra Rani Ayum Panggabean.

Sesuai dengan jadwal, ke 10 Masjid di Simalungun yang akan di kunjungi adalah Masjid Nurullah Nagori Pamatang Simalungu, Masjid Asy Syuhada Jln Asahan, Masjid Nurul Islam Jln Asahan dan Masjid Al-Ikhlas Batu IV Jln Asahan.

Selanjutnya Masjid Nurul Iman Blok VI Pamatang Simalungun, Masjid Al-Manshuriyah Jln Pamotting Pamatang Simalungun, Masjid Istiqomah Rambung Merah, Masjid Al-Ikhlas Perumnas Batu VI, Masjid Al-Falah Jln Bangun Melintang Karang Bangun dan Masjid Taqwa Rambung Merah.

jesiho.

Editor : Zul