Arif Mandu : Stok Beras Aman Menjelang Puasa dan Lebaran

Medan160 Dilihat

Gorgajenius.id *
MEDAN

Jelang Bulan Ramadhan dan Lebaran 2023 Bulog Kanwil Sumut siapkan stok Beras 22.000 Ton.

Hal itu dikatakan Pimpinan Wilayah Sumatera Utara Perum Bulog Arif Mandu didampingi Humas Frans saat gelaran temu ramah bersama sejumlag media cetak dan online di Cafe Haji Muhidin Jalan Gatot Subroto KM 5.5 No.106 Medan, Kamis (02/03/2023).

Dalam kesempatan itu Arif Mandu menyampaikan Perum Bulog ini memiliki Sebanyak 22.000 ton Sembako, Gula pasir kami ada penambahan 1000 Ton dan juga minyak goreng Kita kemasan 1 liter, sebanyak 1 juta liter masih dalam proses. Mungkin maksud rencana pasar murah menjelang dan selama bln puasa jadwal dan.lokasinya skan diatur oleh Disperindag provinsi.Harga melonjak Bulog terdiri dari Minyak goreng kita itu hand-nya 14.000, kemudian operasi pasar beras 9.950, gula 13.500.

Para pedagang mematuhi aturan aturan, meminta masyarakat untuk berbelanja normal saja. Stok Beras Aman Menjelang Puasa dan Lebaran,Permintaan semakin tinggi, Maksudnya kita kedepankan ketersediaan stok menjelang puasa dan lebaran.Mungkin maksud rencana pasar murah menjelang dan selama bln puasa jadwal dan.lokasinya skan diatur oleh Disperindag provinsi.Kalau barangnya tidak apa-apa stoknya terbatas, biasanya mendorong harga naik tapi kalau stoknya cukup ya permintaan juga agak meningkat.

Adapun pasar terdekat yang bisa beroperasi, Baik-baik itu di hari-hari besar keagamaan. Pasar ini tidak kita jalankan, tapi khususnya beras ini di samping kita dapat melontar sphp stabilisasi mulai panen termasuk di Sumatera Utara .Kemudian di Aceh juga mulai panen Makin banyak panen ini beras ini nanti akan melimpah yang artinya secara hukum pasarnya kalau barang sudah banyak tentunya harga juga kan Ini harga akan semakin meningkat.Topiknya sep ini spy secara psikologis masyarakat tenang (Stok tersedia cukup).

Komoditi ini juga nanti sebenarnya bisa sharing dengan ID full BMX, ada berapa minyak goreng, daging juga dalam proses, salah satu contoh kebutuhan presiden cuma minimal 3 bulan Kalau sebulan itu misalnya saya Salurkan 5000 ton berarti stok saya harus tersedia minimal Rp15.000 artinya dalam jumlah cukup, yang penting stok itu tersalurkan artinya apalagi dalam menghadapi Puasa lebaran tentu para distributor ini kan menyiapkan stok.

Pimpinan Wilayah Sumatera Utara Perum Bulog Arif Mandu, harapan saya dengan kepada masyarakat dalam menjelang bulan puasa dan Ramadan ini masyarakat belanja normal aja biasa aja. mendorong agar membeli dalam jumlah besar barang.Saya kira kebutuhan 2 sampai 3 hari, jangan beli langsung 3 bulan kebutuhan, stok untuk satu bulan karena dia beli untuk kebutuhan 3 bulan, “Arif Harapnya.

Lanjut, Kepala Bulog Sumut Arif Mandu menyebut penyerapan beras dari petani masih rendah. Hal ini lantaran masih proses penetapan harga pembelian pemerintah (HPP) terbaru dengan patokan harga Rp 9000 per kg.Kebijakan HPP ini mengalami kenaikan Rp 700 dibanding sebelumnya seharga Rp 8.300 per kg.”Tahun ini masih proses ya, masih kecil. Ini baru sekitaran 1200 ton. Kalau harga lama kan pembelian beras Bulog ini Rp 8300 nah sekarang di harga 9000. Dengan harga 9000 ini tentunya diharapkan bisa menyerap panen petani,” ungkap Arif.

Arif menyebutkan bahwa realisasi daya serap petani tahan lalu hanya sebesar 3200 ton. Namun, untuk tahun 2023 ini Bulog Sumut menargetkan penyerapan beras di tingkat petani sebanyak 27 ribu ton.”Target kita tahun ini 27 ribu ton. Kalau tahun lalu 3200 ton (realisasinya). Karena petani banyak menjual ke tempat lain,” tuturnya.Sementara itu, Arif menyebutkan bahwa harga beras saat ini sudah mulai turun secara perlahan lantaran mulai masuknya musim panen.”Harga beras sudah mulai menurun karena panen juga sudah mulai jalan baik di sumut, di Jawa, di Sumsel sudah mulai panen dan operasi pasar jalan terus. Kalau harga Bulog kan sesuai Rp 9.950,” kata Arif.

Tak hanya itu, Arif juga memastikan jika pasokan beras akan aman jelang Ramadan dan Idul Fitri mendatang.”Beras ini ada tambahan sebanyak 20 ribuan ton. Sekarang ada 10 ribu ton dan mau masuk 12 ribu lagi jadi kurang lebih ada 22 ribu ton. Itu untuk persiapan puasa dan Lebaran. Berasnya ini datang dari Thailand,” pungkasnya.*
Zul

Editor : Zul