Gempa M 6,4 di Padang Sidempuan, Guncang 3 Provinsi

Medan1223 Dilihat

Gorgajenius.id*
MEDAN

Gempa bumi berkekuatan 6,4 Skala Ritcher (SR) mengguncang wilayah Pantai Barat Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Aceh, pada Senin (3/4/2023) pukul 21:59 WIB.

Berdasarkan info Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berpusat di laut Samudera Indonesia yang berjarak sekitar 82 Kilometer (KM) ke arah Barat Daya Kota Padang Sidempuan.

Pusat gempa berada pada kedalaman 102 Kilometer di dasar laut Samudera Indonesia dan tidak berpotensi tsunami. Titik koordinatnya berada di 0,86 Lintang Utara (LU) – 98,73 Bujur Timur (BT).

Di Provinsi Sumatera Utara, guncangan gempa bumi ini terasa di wilayah Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padang Sidempuan, Padang Lawas Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Dairi, Gunung Sitoli, Nias, Nias Barat, Nias Utara dan Nias Selatan serta Labuhanbatu (Rantaupraat).

Di Provinsi Sumatera Barat guncangan gempa terasa di Pasaman Barat, Pasaman Timur dan Agam. Sedangkan pada wilayah Provinsi Aceh terasa di Subulussalam, Aceh Selatan dan Banda Aceh.

Informasi diperoleh di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), getaran gempa bumi di malam ke-13 bulan suci Ramadhan ini terasa kuat. Warga lari keluar rumah menyelamatkan diri dan anggota keluarga.

Belum ada informasi terkait apakah terjadi kerusakan maupun korban akibat gempa ini di Kabupaten Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padang Lawas Utara dan Kota Padang Sidempuan.||| Red

Editor : Zul