Satu Unit Rumah dan Gudang Berisi 2 Unit Mesin Genset PT LDN Sitahoan Hangus Terbakar, Motifnya Masih Lidik di Polsek Parapat

Simalungun213 Dilihat

Gorgajenius.id.
■Parapat | SIMALUNGUN

Satu Pintu rumah panggung berdinding Papan beserta gudang berisi 2 Unit Genset milik PT. Perladangan Lembah Damai Nauli (LDN) hangus terbakar di Sitahoan, Nagori Sipangan bolon Kabupaten Simalungun pada Jumat (10/2/2023) minggu lalu.

Kini kasus dan motif kejadian itu masih dalam proses penyelidikan di Mapolsek Parapat, Kamis (16/2/2023).

Dari informasi di lokasi kejadian, tak satupun buruh di PT LDN itu mengetahui sumber api yang melahap gudang Genset dan satu unit rumah panggung yang berjarak sekitar 3 Km dari Poros Jalan Alternatif Lintas Sitahoan yang berbatasan langsung dengan hutan lindung Negara.

Menurut informasi di tempat kejadiannya sekitar pukul 14.30 Wib dan sebelum kebakaran memang ada suara petir, namun kami tidak bisa memastikan asal muasal titik apinya, karena sebelum kejadian salah seorang buruh PT. LDN bermarga Butar butar itupun baru saja mengganti Oli Genset, dan disana tidak ada arus listrik maupun Instalasi jaringan PLN sebab sampai saat ini aliran jaringan arus PLN Parapat belum melirik lokasi perkebunan Hortikultura (perkebunan tanaman palawija) itu sebagai obyek pengembangan bisnis Listriknya.

Jadi tidak mungkin disebabkan korsleting atau akibat hubungan arus pendek, karena aliran listrik dari PLN masih nihil disana.

Akibat dari kejadian ini pengusaha dari PT LDN bermarga Sirait itu mengalami kerugian ratusan juta rupiah, dan akhirnya membuat laporan di Mapolsek Parapat sekedar untuk mengetahui serta memastikan latar belakang maupun motif kejadian tersebut.

Kapolsek Parapat AKP Jonni Silalahi pada Sabtu (11/2/2023) yang turun langsung ke lokasi kejadian (TKP) bersama anak buahnya saat itu, mencoba menginterogasi beberapa karyawan PT LDN termasuk pengawas lapangannya disana.

“Sampai saat ini motif kejadian belum bisa kita ungkap, apakah ada unsur sabotase, dan kelalaian termasuk hal lainnya masih dalam tahap pemeriksaan beberapa saksi karyawan PT LDN untuk dimintai keterangannya di Polsek Parapat.

jesiho.

Editor : Zul