Terkait Penumpang Fery Ihan Batak Korban di Danau Toba Pihak Management Sampaikan Himbauan

Toba3030 Dilihat

Gorgajenius.id.
■Ajibata (TOBA)

Berdasarkan informasi, insiden menimpa penumpang KMP Ihan Batak yang tengah berlayar dari Ajibata menuju Ambarita.

Dilaporkan, setelah berlayar sekitar 15 menit (2,25 mil), ABK mendapatkan informasi bahwa terdapat salah satu penumpang perempuan (inisial RRS, 39 tahun) yang jatuh ke danau. ABK segera melaporkan ke anjungan kepada perwira jaga deck dan Nakhoda, yang kemudian memerintahkan perwira jaga agar melakukan stop mesin.

Selanjutnya, Nahkoda mengambil alih anjungan dan memutar kapal ke arah pelabuhan Ajibata serta berputar di sekitar Danau mencari korban.

Setelah 10 menit berputar melakukan pencarian akhirnya korban ditemukan, dan dilakukan evakuasi terhadap korban yang dibantu oleh KM Carolina Cottage yang berada lebih dekat dengan posisi korban. Adapun korban segera dibawa ke Pelabuhan Tiga Raja untuk dibawa ke RS Parapat.

Atas kejadian ini, ASDP menyampaikan turut berbelasungkawa kepada pihak keluarga korban.

Manajemen juga akan meningkatkan pengawasan dan pengamanan dalam lingkungan kerja di kapal.

Holding Statement ini sesuai No.015/SP-ASDP/II/2023, Sabtu (4/2/2023).

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengimbau kepada pengguna jasa agar tetap meningkatkan kewaspadaan dan mematuhi aturan yang berlaku saat melakukan perjalanan dengan kapal ferry agar dapat berjalan lancar, aman dan selamat.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan agar pengguna jasa baik pejalan kaki maupun menggunakan kendaraan agar tetap memperhatikan safety dengan mematuhi aturan yang berlaku baik saat akan naik ke kapal, proses bongkar muat kendaraan, hingga turun dari kapal.

“ASDP berkomitmen menghadirkan layanan prima dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan, dan secara kontinyu kami juga menginformasikan petunjuk keselamatan selama perjalanan dengan kapal ferry, agar pengguna jasa selalu “aware” dengan hal ini, demi menjaga keselamatan diri sendiri dan juga orang lain,” Ujarnya.

Sejumlah awak media saat menyambangi terminal, Dermaga Ihan Batak di Ajibata, Kabupaten Toba

Karenanya, petugas ASDP selalu mengingatkan kepada para penumpang di atas kapal agar mematuhi aturan dan arahan petugas untuk selalu berhati-hati dan tidak bersandar di railing kapal.

Hal ini disampaikan menyusul kembali terjadinya insiden penumpang jatuh ke danau dari KMP Ihan Batak di Kawasan Danau Toba pada Kamis (2/2/2023) sore kemarin.

*Korban Sudah Dikebumikan dan Pihak Manajement ASDP Melayat ke Rumah Duka

Rasa sosial yang tinggi sudah ditunjukkan oleh pihak ASDP Cabang Danau Toba sebagai operator Fery Ihan Batak, saat melayat di rumah duka ke Lumban Bulbul Kabupaten Toba, memberikan uang duka sebagai pengganti krans bunga.

Korban juga sudah dikebumikan di kampung halaman suaminya di Samosir.

Demikian disampaikan pihak Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Fery saat dikunjungi awak media ke Kantor Operasionalnya di Dermaga Ajibata, Kabupaten Toba.

Dan Fery Ihan Batak tetap beroperasi sesuai dengan jadwal yang biasa, Ujar Hokkop Sinaga saat ditemui di lapangan sembari mengatur kenderaan yang masuk.

jesiho.

Editor : Zul