UMKM Mitra TPL Raih Untung Di Event F1 Power Boat World Championship

Toba632 Dilihat

Gorgajenius.id.
■TOBA

Sejumlah Stand Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yabg selama ini dalam binaan Toba Pulp Lestari (TPL) berpersan aktif dalam meramaikan berbagai event, termasuk gelaran balapan kapal super cepat Internasional F1 Powerboat (F1H2O) yang dilaksanakan di kawasan Danau Toba, Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, 24-26 Februari 2023.

Ajang Kejuaraan Dunia F1H2O adalah seri internasional unggulan dari perahu balap dengan satu kursi yang digelar Union Internationale Motonautique (UIM). F1H2O diikuti 10 tim dengan 20 pembalap.

Dipilihnya Danau Toba menjadi lokasi lomba dikarenakan Danau Toba juga merupakan salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang tengah digencarkan pengembangannya oleh pemerintah.

Event ini juga menjadi dampak ekonomi bagi para pelaku UMKM, terkhusus para pelaku UMKM Binaan TPL yang ikut hadir menjajakan produknya.

Jupiter Lumbanraja dan Delima Butarbutar, pelaku UMKM Binaan TPL menjelaskan ada beberapa produk UMKM binaan TPL yang hadir dalam event tersebut di antaranya Pizza Andaliman, Madu Situak Ni Loba, Sambal Nanas, Jus Salak dan Opak.

“Kami bersyukur produk kami bisa mengikuti event ini dan kami berharap TPL terus melakukan pendampingan secara berkesinambungan agar pelaku UMKM berjalan dengan lebih cepat lagi, dengan adanya event internasional ini produk kami semakin dikenal baik oleh masyarakat lokal maupun mancanegara,” ujar Jupiter.

Manager Community Development (CD) TPL, Pius Butarbutar (Senin, 27/02/2023), mengatakan UMKM binaan TPL merupakan salah satu program CD sebagai bentuk pengembangan masyarakat terutama di wilayah operasional perusahaan.

“Perusahaan berkomitmen untuk terus hadir berkontribusi bagi pengembangan masyarakat sekitar operasional perusahaan, UMKM binaan TPL bisa turut serta dalam event internasional seperti F1 Powerboat (F1H2O) ini menjadi langkah awal untuk memperkenalkan produk UMKM Binaan TPL sehingga kedepannya UMKM ini bisa mandiri dan menjadi sumber penghasilan ekonomi bagi masyarakat,” tutur Pius.

Salah satu pengunjung yang hadir, Silvio Sinaga, asal Kecamatan Ajibata merasa cukup antusias melihat jejeran produk UMKM yang memeriahkan event internasional ini.

“Saya cukup tertarik melihat para pelaku UMKM yang ada disini, begitu banyak hasil pengelolaan produk yang bisa kita nikmati disini. Event sekelas ini memang harus berdampak bagi masyarakat, untuk UMKM Binaan TPL harus terus dikembangkan agar menghasilkan produk-produk yang memiliki nilai jual yang baik dan menunjukkan bahwa kehadiran perusahaan memiliki dampak terhadap masyarakat,” Ujarnya.

■Manru.

Editor : Zul