Harus Bersabar Saat Rekayasa Lalulintas Dialihkan Selama F1 Powerboat Kota Balige Pada 24-26 Februari 2023

Toba202 Dilihat

Gorgajenius.id.
■TOBA

Sejumlah ruas jalan di Kota Balige, Kabupaten Toba, akan dialihkan selama kegiatan F1 Powerboat Danau Toba mulai 24-26 Februari 2023.

Pengalihan arus lalu lintas di Kota Balige dan sekitarnya selama F1 Powerboat itu dilakukan Polda Sumut bersama Pemerintah Kabupaten Toba serta Polres Toba.

Hal itu dilakukan petugas untuk mengantisipasi kemacetan karena nantinya ribuan masyarakat maupun wisatawan akan berkunjung Kota Balige.

“Untuk pengamanan sudah siap dilaksanakan selama F1 Powerboat dan aktivitas masyarakat tetap berjalan. Dimana 2.600 tiket sudah laku terjual dan nantinya ada 17 event yang digelar selain F1 Powerboat seperti UMKM, atraksi kesenian dan lainnya di Kota Balige,” ujar Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, kemarin di Balige.

Untuk mempermudah arus lalu lintas selama F1 Powerboat, Panca mengungkapkan Polda Sumut telah membuat skema pengalihan arus lalu lintas di sekitaran Kota Balige di mulai 24-26 Februari 2023 mendatang.

“Seperti di Jalan Sutomo, Kota Balige, pada 24-26 Februari 2023 sudah steril dan dialihkan. Dimana nantinya akan dilalui Shuttle Bus untuk membawa penonton F1 Powerboat ke titik-titik veneu yang telah disiapkan mulai dari Bukti Pahoda-Pantai Bul-Bul,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Panca menerangkan untuk di Jalan SM Raja (sisi utara) juga akan ditutup selama kegiatan F1 Powerboat. Oleh karena itu masyarakat nantinya dapat memanfaatkan akses jalan-jalan lain yang ada disekitarnya.

“Adanya pengalihan arus lalu lintas itu masyarakat tidak perlu khawatir karena setiap titik akses jalur akan ada personel dari TNI/Polri, Dishub yang akan memberikan pengarahan,” terangnya sembari mengimbau kepada penonton di tribun utama untuk datang lebih awal pada Pukul 12.00 WIB karena acara F1 Powerboat akan dimulai pada Pukul 15.00-18.00 WIB.

“Sehingga saya meminta kepada masyarakat untuk dapat memanfaat waktu dibawahnya melakukan aktivitasnya. Sebab, F1 Powerboat dipastikan tidak ada akan menggangu aktivitas warga,” sebut Kapoldasu.

Panca menambahkan, sebanyak 11 pos pengamanan telah didirikan selama F1 Powerboat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Balige.

Berikut data pengalihan arus lalu lintas di Kota Balige selama F1 Powerboat, untuk Jalinsum dari Jalan Simpang Sutomo-Jalan Simpang Jurang Monang harus steril arus lalu lintas umum selama kegiatan F1 Powerboat.

Sedangkan arus lalin Jalinsum dialihkan ke Jalan Ringroad pada dua lokasi ruas jalan yaitu Jalan Tambunan dan Jalan Longat. Kemudian terdapat beberapa titik ruas jalan yang dijadikan satu yang dipertegas dengan rambu-rambu lalu lintas di lapangan.

Untuk para penonton juga telah disiapkan beberapa kantong parkir bagi kendaraan lalu diangkut dan dibawa menggunakan bus yang telah disediakan ke titik drop off.

Untuk memperlancarkan dan memudahkan masyarakat telah dibentuk empat rayon selama pengalihan arus lalu lintas di Kota Balige. Untuk setiap rayon akan diisi personel TNI/Polri, Dishub dan Satpol PP untuk membantu masyarakat mengarahkan ke jalan alternatif jika terkena pengalihan arus lalu lintas.

Diinformasikan bahwa Jalan SM Raja, Jalan DI Panjaitan, Jalan Mulia Raja-Bukit Barisan, Jalan Siliwangi-Simpang Bul-Bul dan Jalan Bukit Pahoda selama F1 Powerboat akan dialihkan.

Lalu, bagi warga diseputaran Kota Balige nantinya akan diarahkan ke Jalan By Pass-Sibagot Nipohan dan Jalan By Pass-Somba Debata. Untuk penonton F1 Powerboat yang datang dari Porsea menggunakan roda dua maupun roda empat dialihkan masuk ke kantong parkir Lumban Pea.

Selanjutnya, dijemput menggunakan Shuttle Bus lalu diantar menuju titik drof off F1 Powerboat di Jalan SM Raja-Jalan Pdt Leman, Jalan SM Raja Simpang Jalan Pardede Pasir dan Jalan SM Raja Simpang Jalan Sutomo.

Bagi penonton F1 Powerboat yang datang dari arah Tarutung akan dialihkan masuk ke Jalan By Pass Balige lalu diarahkan ke kantong parkir Simanjalo I, II dan Lomban Gorat I, II.

Terakhir bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dari Porsea-Tarutung maupun sebaliknya Tarutung-Porsea akan dialihkan melintas melalui Jalan By Pass Balige.

■jesiho.