Peringatan Hardiknas di Simalungun Usung Tema: “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

Simalungun1152 Dilihat

GORGAJENIUS.ID
■SIMALUNGUN

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 Kabupaten Simalungun di pusatkan di lapangan Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Simalungun, Sumut, Selasa (2/5/2023).

Peringatan Hardiknas itu mengusung Tema: “Bergerak bersama semarakkan merdeka belajar” dilaksanakan dalam suatu upacara nasional yang di tandai dengan Pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan dengan Hening Cipta, Pembacaan Teks Pancasila dan Pembukaan UUD 1945.

Bertindak sebagai Pembina Upacara Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dan sebagai Pemimpin Upacara Kadis Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Budparekraf) M Fikri F Damanik.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem A Makarim dalam pidato tertulisnya yang di bacakan oleh Bupati Simalungun menyampaikan sebanyak 24 episode yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dekat cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara yakni pendidikan yang menuntun bakat, minat dan profesi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan.

Anak-anak bisa belajar dengan tenang, para kepala sekolah dan kepala daerah sekarang dapat menggunakan data asesmen nasional di platform rapor pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Para guru berlomba-lomba berbagai dan berkarya dengan hadirnya platform merdeka mengajar dan lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka.

Sejalan dengan kurikulum merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetisi, seleksi masuk perguruan tinggi pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

Di perguruan tinggi mahasiswa sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program kampus merdeka.

Selain itu, mekanisme dana Indonesia yang fleksibel dapat mewadahi gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung kemajuan budaya. Mari kita ingat bahwa bersama-sama kita telah membuat sejarah baru dengan dengan gerakan merdeka belajar.

Oleh karena itu, mari semarakkan hari pendidikan ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidikan generasi pelajar Pancasila yang cerdas, berkarakter dan membawa Indonesia melompat ke masa dengan dengan pendidikan kemerdekaan.

Peringatan Hardiknas itu ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Ketua MUI H Ki Darjat Purba dan dilanjutkan dengan Ziarah ke Makam Guru Jason Saragih, seorang pelopor/tokoh/bapak pendidikan Simalungun.

Tampak hadir Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi, Kapolres AKBP Ronald FC Sipayung, Dandim 0207/Sml Letkol Inf Hadrianus Yossy, Kepala BNN AKBP Yohana Sinaga, Ketua PN di wakili Amiruddin, Ketua TP PKK Nya Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, para pejabat tinggi Pratama, administrator dan pengawas di lingkungan Pemkab Simalungun serta undangan lainnya.

jesiho.

Editor : Zul